Indonesia Punya Situs Cari Guru; www.ruangguru.com

Indonesia Punya Situs Cari Guru; www.ruangguru.com

Jakarta, Kabarindo- Situs online untuk mendapatkan guru privat atau berkelompok dari latar belakang pendidikan yang berbeda paling dicari dan pasti memudahkan para orang tua untuk sang buah hati.

Situs ini baru dikembangkan untuk pelajar Indonesia dalam rangka membantu pelajar mempersiapkan diri menghadapi ujian, hari ini diluncurkan.

Pengembang situs tersebut merupakan pencetus situs ruangguru.com, sebuah situs marketplace yang menghubungkan calon murid untuk menemukan calon guru privat maupun kelas berkelompok dalam mengasah pengetahuan dan keahlian di berbagai bidang.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa kini platform www.ruangguru.com siap digunakan oleh siswa di seluruh Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, ujian seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi siswa.

"Selama ini Ruangguru.com telah berhasil membantu ribuan pelajar untuk terhubung dengan ribuan guru privat terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian maupun menguasai keahlian baru.

"Kini kami bangga bisa menyedikan nilai tambah, yaitu referensi latihan belajar, yang bukan hanya bisa digunakan oleh siswa Ruangguru.com saja – namun juga masyarakat umum. Terwujudnya platform tes.ruangguru.com ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, dan hari ini secara khusus kami ingin berterima kasih kepada Bank DBS Indonesia," kata Iman Usman, Co-Founder & CEO Ruangguru.com di Jakarta, Selasa.

Peluncuran situs tersebut mendapat dukungan penuh dari PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia).

Melalui situs tersebut, Iman mengatakan, siswa bukanya hanya bisa mengakses ribuan soal dan solusi jawabannya secara online dan gratis, tapi juga dapat mengikuti berbagai online try out nasional secara berkala – yang memungkinkan siswa untuk memetakan kemampuan mereka secara holistik.

"Selama ini persiapan menghadapi ujian seringkali hanya terbatas pilihannya pada penggunaan buku kumpulan soal yang tidak murah harganya serta try out yang diselenggarakan oleh bimbingan belajar. Kontennya cenderung statis dan tidak memberikan informasi lebih mengenai perkembangan belajar siswa," katanya.

Bank DBS Indonesia sejak bulan Juni lalu telah mendukung Ruangguru.com untuk mewujudkan tes.ruangguru.com melalui kampanye brand “Igniting Possibilities, Sparking Joy” (SPARK). Kampanye tersebut adalah salah satu bentuk komitmen DBS untuk mewujudkan ide dan aspirasi positif yang dimiliki oleh masyarakat, baik individu maupun komunitas.

Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing and Communications Bank DBS Indonesia mengaku terkesan dengan semangat tim Ruangguru.com dalam memberikan akses gratis kepada siswa di berbagai belahan nusantara menghadapi ujian dan menganalisa perkembangan kemampuan mereka melalui tes.ruangguru.com tanpa biaya. "Kami berharap sepak terjang inovasi dengan dampak positif bagi masyarakat luas semacam ini dapat ditiru oleh anak muda lainnya," kata Mona.

Inovasi platform tes.ruangguru.com diharapkan akan memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian secara online. Konten tes.ruangguru.com disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan juga menyediakan sistem evaluasi yang sangat personal bagi siswa agar mereka bisa mengukur kemampuan mereka serta perkembangannya.

Evaluasi yang tersedia antara lain adalah analisa manajemen waktu, serta kelebihan dan kekurangan siswa dalam mengerjakan materi sampai dengan submateri soal. Dengan demikian, siswa akan mendapatkan informasi lebih mengenai materi apa yang difokuskan sehingga bisa meraih performa yang lebih baik saat ujian.

Berdasarkan hasil latihan ataupun ujian, Ruangguru.com juga bisa memberikan rekomendasi guru privat terbaik di sekitar secara otomatis - sehingga proses pembelajaran siswa jadi lebih maksimal. Semua ini bisa diakses langsung setelah selesai mengerjakan suatu paket soal.

Pengembangan dengan sistem gamification (sistem dalam game untuk meningkatkan partisipasi user) membuat produk ini lebih menarik dibanding metode persiapan ujian yang lazim digunakan saat ini.

Siswa dapat melihat leaderboard (sistem peringkat) yang dapat diakses secara kolektif antar sekolah. Sistem peringkat tidak hanya untuk memperlihatkan peringkat saja. Bagi siswa yang mengerjakan soal dengan baik sesuai standar tertentu yang ditetapkan, akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dalam mengikuti ujian, atau menikmati layanan Ruangguru.com lainnya dengan diskon tertentu. Semua layanan dalam produk disediakan secara gratis untuk siapa saja, dimana saja.

Platform yang dapat diakses mulai dari 22 September 2015 itu akan disosialisasikan secara khusus ke sekolah-sekolah yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung. "Untuk tahap berikutnya, Ruangguru.com juga akan mensosialisasikan ke sekolah-sekolah di kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Semarang, Surabaya dan Jogjakarta," kata Iman seperti dilansir dari laman antaranews.