Indonesia Sambut Maskot PT. KAI; Si Loko

Indonesia Sambut Maskot PT. KAI;  Si Loko

Bandung, Kabarindo- PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan maskot pertama "Si Loko", boneka berkepala lokomotif dan berseragam lengkap, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-68 PT KA di Bandung, Sabtu siang tadi.

Peluncuran logo dan maskot Si Loko tersebut berlangsung pada upacara HUT Ke-68 PT KA di kantor pusat PT KA dengan inspektur upacara Komisaris Utama PT KA Iman Haryatna.

Hadir pada kesempatan itu Direktur Utama PT KA Ignatius Jonan, sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan, BUMN, TNI, Pemprov Jabar dan pejabat Pemerintah Kota Bandung.

"Si Loko akan bertugas sebagai duta PT KA yang akan menyapa lebih dekat para pengguna KA khususnya dan semua stakeholder KA di setiap stasiun. Usia penumpang KA lebih muda, sehingga pemasarannya harus mengikuti kelompok mayoritas pelanggan," kata Dirut PT KA Ignasius Jonan.

Si Loko akan memberikan semua info terkait KA kepada masyarakat, menjalankan fungsi pemasaran dan menjadi sarana komunikasi perseroan kepada publik.

"Kelahiran Si Loko menambah warna baru bagi PT KA, maskot ini merupakan karakter KA dalam bentuk tokoh kartun yang menarik dengan harapan dapat lebih dekat secara langsung terutama pelanggan KA," katanya.

Maskot itu, kata dia memiliki karakter antara lain bersahabat, ceria, menyenangkan, informatif, cerdas, inspirasif, setia dan bertanggung jawab.

Pada kesempatan itu pula, digelar peluncuran buku tentang kiat Dirut PT KA Ignatius Jonan menggulirkan evolusi di PT KA yakni "Jonan dan Evolusi Kereta Api Indonesia".

Buku itu diterbitkan untuk mendorong perubahan evolusioner PT KA bisa menginspirasi kalangan yang lebih luas, tidak sebatas di PT KA.

PT KA tercatat sebagai BUMN yang paling agresif dan inovatif dalam pembenahan korporasi selama empat tahun terakhir.

Peringatan HUT PT KA tahun 2013 mengusung tema "Gemilang Berkarya Menuju Kemajuan Transportasi Bangsa".

Dirut PT KA menyebutkan inovasi yang menerus dan berkesinambungan yang telah dan akan dilakukan diharapkan bisa mewujudkan sistem transportasi perkerataapian yang makin maju dan menjadi pilihan utama.

"PT KA akan terus berbenah, berinovasi dalam pelayanan. Memajukan tranportasi di Indonesia khususnya KA adalah komitmen kami," kata Ignasius Jonan.

Sementara itu, Komisaris Utama PT KA Iman Haryatna menyebutkan terobosan dan inovasi yang telah digulirkan PT KA harus didukung oleh semua elemen.

Ia menyebutkan beberapa program inovasi PT KA antara lain pengoperasian KA bisnis dan ekonomi ber-AC dan penerapan toilet ramah lingkungan di KA.

"Kami berharap semua inovasi yang telah dan akan dilakukan akan menjadikan KA sebagai tulang punggung angkutan darat di Indonesia, " kata Iman Haryatna seperti dilansir dari laman antaranews.