Indonesia Targetkan Dua Gelar Juara; Di World Junior Championships

Indonesia Targetkan Dua Gelar Juara; Di World Junior Championships

Jakarta, Kabarindo- Tim bulu tangkis junior Indonesia ditargetkan meraih dua gelar pada ajang BWF World Junior Championships 2013. Turnamen paling bergengsi di kelas U-19 ini akan berlangsung di Bangkok, Thailand, 23 Oktober–3 November mendatang.

Sebanyak 23 pemain junior terbaik dari Pelatnas Cipayung dan berbagai klub di Indonesia telah dipilih untuk memperkuat tim Merah-Putih, baik di nomor perorangan maupun beregu.

“Dua tahun lalu kami dapat gelar dari Alfian (Eko Prasetya)/Gloria (Emanuelle Widjaja), tahun 2012 dari Edi (Subaktiar)/Melati (Daeva Oktavianti). Berarti tahun ini kita harus bisa melebihi pencapaian sebelumnya,” ujar Nusron Wahid, Chief de Mission tim junior Indonesia dalam rilis yang diterima Beritasatu.com, Rabu (9/10).

“Kalau nomor beregu, targetnya minimal final atau kalau bisa juara, karena tahun lalu kami hanya sampai semifinal. Sementara nomor perorangan targetnya minimal dua gelar juara,” tambahnya.

Ketika ditanya soal persiapan tim, Nusron menyampaikan bahwa seluruh anggota tim sudah dipersiapkan dengan baik. Para pemain juga telah dikarantina di Pelatnas Cipayung sejak Agustus lalu. Mereka mendapatkan program latihan khusus jelang WJC 2013.

“Hingga saat ini persiapan tim sudah cukup maksimal. Mereka tengah berlatih keras bersama para pelatih di Pelatnas Cipayung,” ucap Nusron seperti dilansir dari laman beritasatu.

Di nomor ganda campuran Indonesia akan menurunkan empat pasangan yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin, Rafiddias Akhdan Nugroho/Febriani Endar Kusumawati, Rian Swastedian/Della Augustia Surya, dan Arsya Isnanu Ardiputra/Setyana Daniella Florensi Mapasa. Jika salah satu dari mereka berhasil menjadi juara maka Indonesia akan mencetak hattrick di nomor ganda campuran.

World Junior Championships telah menghasilkan beberapa alumni yang mentas di level elit dunia. Di antaranya Peter Gade (juara ganda putra 1994), Gao Ling (juara ganda putri 1996), Xie Xinfang (juara ganda putri 1998), Ma Jin dan Wang Xiaoli (juara ganda putri 2006), Lee Yong-dae (juara ganda putra 2006), dan paling fenomenal Ratchanok Inthanon (juara tunggal putri 2009, 2010, dan 2011) yang kemudian menjuarai Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzhou.