Indosat Ooredoo Donasikan Rp. 100 Juta; Kepada Kebun Binatang Surabaya

Indosat Ooredoo Donasikan Rp. 100 Juta; Kepada Kebun Binatang Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Perhatian terhadap Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan satwa di dalamnya bukan hanya menjadi perhatian pemerintah, namun juga pihak swasta.

Indosat Ooredoo menunjukkan kepedulian dengan memberikan donasi Rp.100 juta kepada PD Taman Satwa KBS yang diserahkan pada Selasa (22/12/2015) sebagai bagian dari tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan.

Donasi tersebut diperuntukkan bagi pengembangan infrastruktur dan program adopsi dua ekor beruang madu bernama Marshal dan Rindhi yang sama-sama berusia 22 tahun. Ini merupakan bentuk kerja sama dalam pemeliharaan satwa.

Beruang madu adalah satwa khas Bengkulu. Spesies ini termasuk satwa langka yang dilindungi. KBS memiliki 15 ekor beruang madu yang dikonservasi. KBS sendiri memiliki 2.200 satwa yang mencakup 183 spesies.

Program adopsi satwa secara berkelanjutan akan memberikan pakan bagi satwa dengan standar nutrisi yang terjaga, akses kepada perawatan medis dan kesejahtraan yang berlandaskan kaidah konservasi.

Wasis Sulaiman, Head of Region East Java Bali Nusra Indosat Ooredoo, mengatakan pihaknya gembira bisa ikut serta dalam upaya pelestarian satwa bekerja sama dengan KBS.

“Diharapkan donasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan fasilitas dan pemeliharaan satwa agar makin banyak masyarakat mengunjungi KBS sebagai tempat wisata sekaligus edukasi,” ujarnya.

Direktur Keuangan KBS, Fuad Hassan, mengatakan donasi tersebut akan dipergunakan sebaik mungkin untuk program adopsi satwa dan peningkatkan fasilitas agar lebih baik dan nyaman bagi satwa maupun pengunjung.

Penyerahan donasi tersebut merupakan tindak lanjut dari aplikasi Surabaya Zoo yang diluncurkan Juni lalu untuk mendukung Surabaya smart city melalui KBS Go Digital. Aplikasi mobile edutainment ini berisi berbagai informasi KBS yang disajikan secara menarik dan interaktif mengenai satwa, jadwal atraksi, peta digital area KBS dan fasilitasnya serta games. Nantinya juga akan disediakan menu donasi bagi masyarakat untuk mendukung pemeliharaan dan pelestarian satwa.

KBS berada di lahan seluas 15,3 hektar, merupakan salah satu ikon Surabaya sebagai lembaga konservasi flora dan fauna. KBS sering dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi, edukasi serta penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak satwa di KBS yang dilidungi oleh Peraturan Konservasi RI secara regional maupun internasional karena terancam punah.