Indosiar Gelar Audisi D’Academy Indonesia 4; Di Surabaya

Indosiar Gelar Audisi D’Academy Indonesia 4; Di Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Indosiar menggelar audisi terbuka D’Academy Indonesia 4 di Surabaya di BK3S Convention Center pada Senin (7/11/2016) yang berlangsung hingga malam.

Audisi diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai kota di Jawa Timur. Mereka antusias mengikuti audisi dan rela antri berjam-jam sejak audisi dibuka.

Surabaya menjadi lokasi pertama audisi terbuka yang akan disusul audisi di Medan (13 November 2016), Palembang (20 November), Makassar (27 November), Semarang (4 Desember), Bandung (12 Desember) dan Jakarta (18 Desember).

Selain audisi terbuka, juga diadakan audisi tertutup di sejumlah stasiun radio di 23 kota mulai dari Sumatra hingga Sulawesi untuk menjaring lebih banyak bakat dangdut.

Ekin Gabriel, PSRD Division Head Indosiar, program D’Academy Indonesia menyambangi berbagai kota untuk menemukan bakat-bakat dangdut terbaik. Audisi terbuka untuk laki-laki maupun perempuan usia15-27 tahun yang memiliki bakat mendendangkan lagu dangdut.

Produser D’Academy 4, Swandaru Yudo, mengatakan animo masyarakat untuk mengikuti audisi terus meningkat tiap tahun. Ia menyebutkan, jumlah peserta audisi dari seluruh kota pada 2015 mencapai sekitar 20 ribu. Dari jumlah ini, peserta audisi di Surabaya sekitar 2.400 orang. Diperkirakan pada tahun ini jumlahnya lebih banyak.

Dalam audisi di Surabaya, penampilan para peserta dinilai oleh juri pedangdut lokal senior dan dari Indosiar. Menurut Swandaru, kemampuan vokal menjadi kriteria utama disusul penampilan dan lainnya.

Ia mengatakan, tak ada kuota jumlah peserta yang lolos dari tiap kota audisi. Data para peserta yang lolos dari tiap kota akan dibawa ke Jakarta untuk diseleksi dan diambil 40 peserta dari seluruh kota. Mereka akan dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti karantina dan seleksi tahap berikutnya yang akan ditayangkan Indosiar mulai Januari. Selama masa karantina, mereka akan mendapat pembekalan dari para pakar.

Ekin mengatakan, D’Academy hingga tahun ke-3 kemarin telah melahirkan banyak bintang dangdut muda diantaranya Lesty, Danang, Rizki dan Ridho, Evi Masamba dan Irwan,. Beberapa dari mereka juga memperoleh penghargaan melalui ajang bergengsi lewat karya mereka di industri dangdut tanah air.

“Diharapkan program pencarian bakat D’Academy Indonesia 4 akan melahirkan semakin banyak bintang dangdut muda berkualitas yang dapat berkontribusi memajukan musik dangdut,” ujarnya.