Indosiar; Kembali Gelar DA Asia (Ke-2)

Indosiar; Kembali Gelar DA Asia (Ke-2)

Senayan, Jakarta, Kabarindo- Komitmen untuk memperluas pesona musik dangdut hingga ke mancanegara dibuktikan Indosiar dengan kembali menghadirkan program DA Asia 2.

DA Asia sesi ke-2 ini diikuti sebanyak 36 peserta dari 6 negara, yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan tahun 2016 ini, DA Asia kehadiran 2 peserta lagi yaitu dari Thailand dan Timor Leste.

"Tahun ini pesertanya tambah dari Thailand dan Timor Leste. Mudah-mudahan musik Dangdut lebih dikenal dunia", ujar Indra Yudhistira, Presiden Director IEP dalam press conference DA Asia 2 di Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2016) kemarin.

Sebagai tuan rumah, Indosiar akan memperkenalkan 36 besar kontestan DA Asia 2 itu kepada pemirsa pada hari Minggu, 23 Oktober 2016 dalam Konser Parade Live yang akan ditayangkan pada pukul 18.00 WIB. Sementara kompetisinya akan dimulai pada hari Senin, 24 Oktober 2016 pukul 18.00 WIB. Sebelum masuk pada konser parade live, masing-masing para peserta telah di audisi sejak bulan Juli hingga Agustus 2016 di lima negara yang terlibat.

Dalam kesempatan yang sama, Indra menuturkan, ajang DA Asia ini bukan sekedar acara hiburan saja, namun program ini telah mampu menggugah rasa nasionalisme, dan memberikan pengetahuan, bahkan juga mampu menyatukan negara-negara di Asia Tenggara.

"Di DA Asia 2 ini kita bisa bertukar pengetahuan akan budaya masing-masing peserta, kuliner, tarian dan lain-lain. Setelah DA Asia, orang yang tadinya tidak kenal dangdut bisa kenal dangdut," tuturnya.

DA Asia 2 akan menjadi program spesial Indosiar, yang selanjutnya akan mempertemukan peserta-peserta bertalenta dengan mendendangkan lagu dangdut dan melayu dari beberapa negara di Asia Tenggara.

"DA Asia 2 tahun ini akan menjadi sangat spesial karena selain menampilkan 36 kontestan, ajang pencarian bakat
menyanyi dangdut tingkat intemasional ini juga akan menghadirkan para juri dari ke-6 negara peserta," ujar Indra.

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan bahwa dewan-dewan juri yang akan menilai para kontestan, merupakan representasi pelaku industri musik yang telah banyak berkecimpung dalam perkembangan musik di negaranya.

"Nantinya mereka akan memberikan nilai kepada setiap peserta yang telah tampil, kecuali peserta dari negara asalnya," tambahnya.

Pada kesempatan itu pula, Ekin Gabriel selaku PSRD (Planning, Scheduling, Research, Development) mengatakan hal serupa tentang program DA Asia 2 yang menurutnya dapat menjalin hubungan lebih erat dengan negara-negara di Asia.

"Selain sebagai ajang kompetisi unjuk kemampuan
menyanyi dangdut antar negara, Indosiar juga berharap melalui program DA Asia 2 ini dapat mempererat persahabatan antar negara-negara di Asia Tenggara," ungkap Ekin.

Adapun enam negara dari Asia Tenggara tersebut, masing-masing negara mengirimkan enam orang untuk berkompetisi. Dan Indonesia sendiri telah menentukan Irsya DA3, Rani DA3, dan Duo Alfin DA3 melalui Konser Pilihan Indonesia untuk DA Asia 2 serta Ical DA3 dan Weni DA3 pemenang dari D'Academy 3 dan lhsan Tarore pemenang DA Celebrity 2016 sebagai perwakilan dari Indonesia yang akan berlaga di DA Asia 2.

Dengan penyelenggaraan ajang DA Asia sejak pertama kali digelar, program ini terus mendapatkan dukungan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia, khususnya untuk industri musik dangdut. Dan hal itu tidak terlepas dari dukungan Indosiar terhadap perkembangan industri musik dangdut tanah air yang semakin ditunjukkan melalui program-program yang menyuguhkan musik dangdut.

Bentuk dukungan Indosiar pun terus berlanjut terhadap perkembangan industri musik dangdut yang ditunjukkan melalui penyelenggaraan ajang penghargaan 'Indonesian Dangdut Awards 2016', yang mana penghargaan ini akan didedikasikan kepada para pelaku musik dangdut yang telah berkarya. Ada sembilan penghargaan terpopuler akan dianugerahkan pada Indonesian Dangdut Awards 2016 serta spesial penghargaan lainnya yang akan berlangsung pada hari Rabu mendatang, 9 November 2016 pukul 19.00 WIB.

Kesembilan penghargaan tersebut adalah Lagu Dangdut Terpopuler, Lagu Dangdut Bahasa Daerah Terpopuler, Penyanyi Pendatang Baru Pria Terpopuler, Penyanyi Pendatang Baru Wanita Terpopuler, Penyanyi
Solo Wanita Terpopuler, Penyanyi Solo Pria Terpopuler, Penyanyi Duo/Group Terpopuler, serta Video Klip Terpopuler.

Polling SMS telah dibuka oleh Indosiar sejak bulan September 2016 lalu. Pemirsa dapat menentukan penyanyi dangdut yang menjadi terpopuler pilihan pemirsa.


Saksikan rangkaian program spesial, Indosiar Memang Untuk Anda!