Jakarta - Singapura; Jadi Rute Yang Tumbuh Tercepat Di Dunia

Jakarta - Singapura; Jadi Rute Yang Tumbuh Tercepat Di Dunia

Jakarta, Kabarindo- Singapura - Setelah Indonesia dan Singapura menandatangani kesepakatan untuk memperluas jalur penerbangan diantara kedua negara pada bulan Januari yang lalu, rute penerbangan antara Jakarta dan Singapura, telah menjadi rute internasional yang memiliki tingkat perkembangan paling cepat di dunia.

"Dengan hampir 130.000 kursi pulang pergi, membuat jalur Jakarta - Singapura menjadi rute internasional terbesar kedua di dunia. Tidak ada rute lain, dalam daftar sepuluh besar yang berhasil mencatat pertumbuhan di atas 20 persen," tulis Centre for Aviation (CAPA) seperti dilansir laman Asiaone.

Diestimasikan, angka penerbangan satu arah dari 298 penerbangan yang menghubungkan kedua ibu kota negara ini, akan mencapai 65.000 kursi dalam seminggu pada bulan November, atau naik 24 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Maskapai kebanggan Indonesia, Garuda Indonesia, telah menambah jumlah penerbangan harian ke Singapura (menjadi sembilan penerbangan), dengan empat penerbangan diantaranya menggunakan pesawat yang lebih besar.

Sementara itu, maskapai Singapore Airlines (SIA) sendiri mengoperasikan sembilan penerbangan setiap hari ke Jakarta, atau paling banyak dibandingkan dengan rute tujuan SIA lainnya.

Dengan penambahan tersebut, tercatat peningkatan jumlah kursi sebesar 46 persen pada bulan November, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Sementara itu, Tigerair Mandala berhasil mencatatkan kenaikan pangsa pasar sebesar 14 persen dari rute yang sama, setelah menambahkan lima lagi penerbangan harian ke Singapura. Maskapai ini total memiliki tujuh penerbangan yang melayani penumpang tujuan Jakarta - Singapura.

Selain itu, peningkatan rute penerbangan juga memberi dampak kepada pihak pengelola bandara di Jakarta untuk memperluas area bandaranya - yang saat ini sudah melebihi kapasitas - dalam memenuhi permintaan penumpang yang terus meningkat seperti dilansir dari laman beritasatu.