Jaringan Indosat; Siap Hadapi Ramadhan, Mudik dan Lebaran

Jaringan Indosat; Siap Hadapi Ramadhan, Mudik dan Lebaran

Surabaya, Kabarindo- Indosat siap melayani kebutuhan telekomunikasi pelanggan menjelang Ramadhan, mudik dan Lebaran 2013 melalui peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan terutama di kota - kota tujuan mudik dan wisata Lebaran seperti Solo dan Jogjakarta.

Kesiapan jaringan ini dibuktikan melalui kegiatan uji jaringan yang dilakukan di kedua kota tersebut. Peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan juga didukung oleh program Modernisasi Jaringan yang prosesnya masih terus berlangsung.

“Kami ingin memastikan pelanggan tetap mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik dan ketiadaan kendala selama berkomunikasi pada saat kenaikan trafik seperti Ramadhan, mudik dan Lebaran. Pada tahun ini Indosat melakukan modernisasi jaringan yang mengedepankan peningkatan kekuatan sinyal, jangkauan sinyal yang lebih luas dan layanan data yang lebih baik,” ujar Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat dalam rilis yang diterima pada Rabu (3/7).

Mengantisipasi kenaikan trafik, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasi baik suara, SMS maupun data. Untuk kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit / hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,45 milyar SMS / hari, sementara untuk data menjadi 150 Terabyte / hari. Secara nasional, hingga triwulan I / 2013, Indosat melayani 55,9 juta pelanggan yang didukung 22.097 BTS.

“Peningkatan kapasitas ini didasarkan pada pengalaman selama Ramadhan, mudik dan Lebaran tahun - tahun sebelumnya serta prediksi kenaikan trafik pada tahun ini. Kapasitas ini diharapkan mampu mengantisipasi kenaikan trafik,” ujar Adrian.

Beberapa parameter yang diukur dalam uji jaringan antara lain tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan panggilan telepon, tingkat kesuksesan pengiriman SMS dan kecepatan layanan data seperti saat melakukan browsing, video streaming dan download.

Uji jaringan dilakukan secara mobile terus - menerus di jalur Solo – Yogyakarta yang dimulai dari Bandara Adi Sumarmo, Solo, sebagai salah satu lokasi sibuk saat mudik. Uji jaringan juga dilakukan di jalur utama Solo – Klaten – Yogyakarta melewati Candi Prambanan sebagai salah satu tujuan wisata.

Dari uji jaringan ini, tingkat rata - rata keberhasilan menelpon adalah 98,4%, tingkat call drop 0,02 %, tingkat kesuksesan pengiriman SMS 100% dengan rata - rata kecepatan pengiriman 5,3 detik. Akses internet dilakukan secara bergerak di wilayah Pakem, Kaliurang, dimana Indosat telah memodernisasi BTS. Hasil rata - rata kecepatan yang dicapai adalah 2,5 Mbps dan maksimal kecepatan mencapai 5,2 Mbps untuk mobile download you tube (multiple streaming).

Modernisasi jaringan memberikan kekuatan sinyal, jangkauan yang lebih luas dan layanan data yang lebih baik. Salah satu site BTS yang telah dilakukan modernisasi jaringan adalah site di Kaliurang yang didesain menggunakan teknologi terkini dan hemat energi. Penempatan peralatan pemancar radio di tiang menara memberikan sinyal yang lebih kuat dan coverage yang lebih luas. Sementara penempatan perangkat lainnya di luar ruang memungkinan pemakaian daya listrik yang lebih hemat serta tidak membutuhkan ruangan khusus.