KBRI Warsawa Sambut HUT RI; Beri Beasiswa Untuk 28 Mahasiswa Polandia

KBRI Warsawa Sambut HUT RI; Beri Beasiswa Untuk 28 Mahasiswa Polandia

Jakarta, Kabarindo- Sebanyak 28 mahasiswa Polandia akan Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia untuk mengikuti program beasiswa Darmasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk tahun akademik 2015/2016.

"Saya ucapkan selamat kepada para mahasiswa yang akan belajar di Indonesia, dan semoga sekembali dari Indonesia dapat membantu KBRI dalam mempromosikan Indonesia terutama di Polandia,"  demikian Dubes RI Warsawa, Peter Frans Gontha dalam pertemuan dan diskusi dengan para mahasiswa Polandia yang akan berangkat ke Indonesia.

Counsellor KBRI Warsawa, Roos Diana Iskandar kepada Antara London menyebutkan mahasiswa asal Polandia akan mendalami bahasa, seni dan budaya Indonesia di berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk tahun akademi 2015/2016.

Para mahasiswa Polandia dengan antusias mendengarkan penjelasan Dubes Gontha tentang Indonesia. "Saya tidak sabar ingin segera tiba di Indonesia dan mempelajari seni dan budayanya," ujar Natalia Cieszynska, mahasiswa asal Poznan yang akan mendalami Bahasa Indonesia di Politeknik Negeri Jakarta.

Hadir pula beberapa mantan peserta program Darmasiswa, termasuk Ketua Asosiasi Persahabatan Indonesia-Polandia (APIP) Sahabat', Michal Sek, yang ikut berdiskusi dan menceritakan pengalaman selama mengikuti program tersebut.

Polandia merupakan salah satu negara pengirim mahasiswa program Darmasiswa terbanyak, yang hingga saat ini mencapai 340 orang, sejak tahun 1974. Program beasiswa Darmasiswa menjadi salah satu beasiswa yang dinanti mahasiswa Polandia, karena memberikan kesempatan untuk dapat mempelajari dan mengenal Indonesia secara langsung selama jangka waktu yang cukup panjang.

Pertemuan dan diskusi diakhiri dengan makan malam ala Indonesia yang sangat disukai mahasiswa dan mengucapkan terima kasih atas makanan dan diskusi yang diselenggarakan KBRI Warsawa seperti dilansir dari laman antaranews.