KKP 2015; Targetkan Konsumsi Ikan 40 Kilogram Per Kapita

KKP 2015; Targetkan Konsumsi Ikan 40 Kilogram Per Kapita

Jakarta, Kabarindo- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan konsumsi ikan tahun ini meningkat dari 35 kilogram menjadi 40 per kilogram per kapita.

Selain mengandung gizi yang tinggi, harga ikan juga relatif terjangkau dibandingkan daging. Saat ini ada lebih dari 18 jenis ikan konsumsi termasuk patin dan lele.

"Kami akan terus mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan seperti pada program yang sudah kami terus jalankan yaitu Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)," kata Direktur Jenderal Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan (P2HP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Saut P. Hutagalung kepada Beritasatu.com, Minggu (25/1).

Tingkat konsumsi ikan orang Indonesia diketahui hanya mencapai seperlima konsumsi ikan orang Jepang. Bahkan dengan Malaysia, Indonesia hanya sepertiganya saja. Padahal manfaat kesehatan dan protein yang dikandungnya sangat tinggi.

Journal of the American College of Cardiology juga mencatat bahwa orang Jepang yang mengonsumsi minimal 100 gram ikan per hari, hanya punya setengah jumlah penderita serangan jantung dibandingkan Amerika Utara.

"Selain itu ikan laut yang kaya asam lemak omega 3 juga mampu mencegah penyakit Alzhemeir, kanker dan penurunan fungsi memori. Ini karena ikan mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting," katanya.

Untuk itu, Saut menargetkan produksi ikan tahun ini sebesar 24,82 juta ton, terdiri dari perikanan tangkap sebesar 6,23 juta ton dan perikanan budidaya 18,59 juta ton, dan produk ikan olahan sebesar 5,56 juta ton dengan harapan dapat diserap sebanyak-banyaknya seperti dilansir dari laman beritasatu.