Kasum TNI; Buka Konferensi Asosiasi Pusat Pelatihan Penjaga Perdamaian Dunia

Kasum TNI; Buka Konferensi Asosiasi Pusat Pelatihan Penjaga Perdamaian Dunia

Jakarta, Kabarindo- Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya TNI Ade Supandi.

Ia atas nama Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko membuka 20th International Association Peacekeeping Training Centres (IAPTC) Conference/ Konferensi Asosiasi Pusat Pelatihan Penjaga Perdamaian Dunia yang diikuti oleh 110 peserta dari 41 negara dan United Nations Department of Peacekeeping Operations (UNDPKO) di Gedung Auditorium Mako PMPP Sentul, Bogor, yang berlangsung mulai tanggal 23-26 Juni 2014 di Hotel Sultan Jakarta.

The International Association Peacekeeping Training Centres adalah sebuah asosiasi yang terbuka dan sukarela dan melaksanakan program-program yang berhubungan dengan riset operasi perdamaian, pendidikan, dan pelatihan. Hal ini diprakarsai oleh Kanada Pearson Peacekeeping Pusat (PPC) pada tahun 1995.

Tujuan pelaksanaan Konferensi Tahunan ini adalah menyediakan forum dan diskusi bagi anggotanya tentang isu-isu hangat yang spesifik dan berkaitan dengan operasi perdamaian, serta  untuk menyediakan tempat Rapat Umum Tahunan Asosiasi IAPTC. Konferensi ini dimaksudkan juga memperluas kontak antara berbagai organisasi internasional, pusat pelatihan penjaga perdamaian dan lembaga, perguruan tinggi, dan kelompok-kelompok lain, yang mengarah ke operasi perdamaian yang lebih efektif.

Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Kasum TNI mengatakan, Indonesia telah melaksanakan misi penjaga perdamaian sejak tahun 1957 hingga saat ini, hampir 30.000 peacekeeping telah dikirim ke berbagai daerah yang berbeda dari konflik di seluruh dunia. Hal ini merupakan sebuah pengakuan oleh negara-negara di dunia atas keberhasilan operasi penjaga perdamaian yang telah dilaksanakan oleh pasukan penjaga perdamaian Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, Forum Konferensi IAPTC tahunan diselenggarakan dalam rangka menjawab semua jenis tantangan dalam operasi penjaga perdamaian yang menjadi lebih kompleks dan multidimensional.  Atas nama Presiden Republik  Indonesia, Panglima TNI menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang besar kepada seluruh anggota Komite Eksekutif, Presiden Konferensi ke 20 IAPTC tahun 2014, pembicara tamu dan peserta atas perhatian dan kepedulian yang luar biasa dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan dunia.

Jumlah peserta the 20th IAPTC Annual Conference 2014 yang hadir berjumlah 110 peserta perwakilan dari 41 negara, UNDPKO dan beberapa institusi yang berkaitan dengan pelaksanaan peace operations, perwakilan negara-negara peserta terdiri dari : Benua Asia, yaitu : Bangladesh, Indonesia, India, Jepang, Korea  Selatan, Myanmar, Nepal, Saudi Arabia, Pakistan, Thailand dan Turki.  Benua Australia. Benua Eropa, yaitu : Bosnia & Herzegovina, Belanda, Denmark, Finlandia, Jerman, Inggris, Italia, Norwegia, Polandia, Perancis, Spanyol, Swedia, dan Switzerland. Benua Afrika adalah Afrika Selatan, Ethiopia, Ghana, Guatemala, Kenya, Mesir, Nigeria dan Zimbabwe. Benua Amerika, yaitu : Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Chile, Equator, Paraguay, Peru dan Uruguay.

Hadir dalam pembukaan antara lain  Letnan General Nehra Jaiprakas, anggota Komite Ekekutif IAPTC, President Konferensi ke 20 IAPTC 2014, dan Atase Militer negara sahabat serta pejabat Pati Mabes TNI.