Keju Kraft Gugah Semangat Generasi Muda; Ayo Jadi Wirausaha

Keju Kraft Gugah Semangat Generasi Muda; Ayo Jadi Wirausaha

Jakarta, Kabarindo- PT. Kraft Foods Indonesia melalui salah satu produk
unggulannya yaitu Keju Kraft menginspirasi generasi muda untuk menjadi calon wirausahawan di bidang makanan melalui program edukasinya bersama Baking and Chef Center.

Sebagai bagian dari rangkaian kelas edukasi yang telah dimulai sejak Februari
2012 lalu, sesi kali ini diisi oleh Juni Napitupulu pendiri sekaligus pemilik usaha pastry Renaldo’s dengan peserta para mahasiswa Jurusan Perhotelan Sahid. Tidak hanya mendengarkan kisah sukses serta tips dari Juni Napitupulu dan brand Renaldo’s-nya, para mahasiswa juga mendapatkan pelajaran praktis dan merasakan praktek memasak langsung bersama Chef Koko Hidayat yang ahli dalam membuat cakes.

Rangkaian kegiatan edukasi ini merupakan bentuk komitmen Keju Kraft untuk
mendukung para pelaku industri makanan dan pihak terkait yang memiliki minat untuk berkecimpung dalam industri tersebut. “Tujuan kami mengadakan kelas edukasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku dan peminat industri makanan dan bakeri, sehingga mereka bisa melakukan berbagai inovasi menggunakan bahan bermutu seperti keju serta dapat meningkatkan kualitas produk dan kemampuan kompetisinya di antara para pelaku industri makanan dan bakeri baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” ungkap Prita Utami, Senior Brand Manager Kraft Cheese, PT. Kraft Foods Indonesia.

Kelas pelatihan yang diselenggarakan oleh Keju Kraft tidak hanya ditujukan untuk para mahasiswa pariwisata dan perhotelan, namun juga terbuka untuk komunitas, individu maupun wirausahawan serta pelanggan setia Keju Kraft yang bergerak di bidang food service. Prita Utami menambahkan, “Tema diskusi maupun demo memasak diberikan secara bervariasi dan mencakup berbagai aspek industri bakeri dan makanan, mulai dari proses pemilihan bahan, pengolahan, presentasi makanan, pengemasan, tips pemasaran hingga berbagi pengalaman dari pengusaha sukses seperti yang hari ini diberikan oleh Juni Napitupulu.”

Menurut Andhina Sofiarman, Brand Manager Kraft Cheese, PT. Kraft Foods Indonesia, “Merk Keju Kraft telah sangat dikenal oleh masyarakat dan sangat dekat dengan kehidupan konsumen sehari-hari, karena setiap produknya diciptakan berdasarkan pemahaman terhadap kebutuhan konsumen. Khusus untuk industri makanan dan bakeri, Kraft telah menciptakan tiga rangkaian produk khusus yaitu Cheddar/Loaf 2 kg, Bakery 2 kg dan Filling Cheese 2 kg yang memiliki aplikasi berbeda-beda untuk menambah variasi rasa dan estetika kreasi makanan dan bakeri.”

Juni Napitupulu, pendiri dan pemilik Renaldo’s mengatakan bahwa “Jiwa wirausaha perlu diasah sejak usia muda, karena itu adalah saat yang tepat untuk mewujudkan ide-ide kreatif dan mengaplikasikannya ke dalam berbagai produk makanan. Saya sangat mendukung kelas pelatihan Keju Kraft ini karena dapat menstimuli para peminat muda untuk terus belajar dan mengasah keterampilan sebagai calon wirausahawan di masa yang akan datang.” Juni juga menjelaskan bahwa dirinya harus melalui perjalanan yang panjang hingga bisa berhasil seperti saat ini. Minatnya terhadap industri ini disalurkan dengan mengambil kuliah Diploma of Hospitality Management di Box Hill TAFE Victoria, Australia. Keseriusannya di industri ini dibuktikan dengan beberapa penghargaan bergengsi yang berhasil diraihnya, antara lain Student of The Year – The Dux of Patisserie pada tahun 2008 sebagai siswa dengan nilai tertinggi dan memiliki aktivitas pendukung terbaik dan Gillespie Award Winner pada tahun 2010 - sebuah penghargaan untuk pegawai terbaik ketika bekerja di Bakers Delight, franchise bakery nomor satu di di Australia. Prestasi tersebut semakin mendorong Junie untuk memiliki bisnis pastry sendiri di tanah air.


“Saya pernah merasakan menjadi mahasiswa seperti adik-adik Universitas Sahid yang ada di kelas ini. Pesan saya, jika ingin menekuni bidang ini, jangan cepat putus asa. Buktikan bahwa para generasi muda Indonesia juga bisa berprestasi dan menjadi ahli di bidang ini,” tambah Juni.

Chef Koko Hidayat, pakar kuliner senior yang telah berkeliling dunia berkat profesinya, juga mengungkapkan “Para calon wirausahawan ini terlihat sangat antusias dalam menerima informasi yang saya berikan. Materi yang saya berikan adalah makanan yang berasal dari pengolahan keju yang berbeda-beda. Tekstur Keju Kraft yang berbeda-beda memberikan keleluasaan bagi saya untuk berkreasi dan menghasilkan produk-produk terbaik yang nikmat.”

Tipe keju Kraft yang digunakan dalam kelas adalah keju Cheddar/Loaf 2 kg memiliki tekstur padat berwarna kuning cerah dan aroma yang khas sehingga mudah diparut, dipanggang menghasilkan warna kuning keemasan, dan gurih; Bakery 2 kg dengan warna kuning cerah, rasa keju yang lebih milky sehingga memberikan hasil parutan yang lebih panjang/moist sehingga dapat menciptakan topping yang tidak cepat kering; dan Filling Cheese dengan tekstur sangat lembut berwarna kuning cerah yang dapat dicampur ke dalam adonan kue ataupun isian roti tanpa perlu diparut.