Kemenperin Gelar Tes Kompetensi Dasar; Awesome

Kemenperin Gelar Tes Kompetensi Dasar; Awesome

Jakarta, Kabarindo- Kementerian Perindustrian melaksanakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014, selama dua hari, tanggal 7 – 8 Oktober 2014.

Ujian tersebut diikuti sebanyak 738 peserta dan diadakan di 8 kota besar, yaitu: Jakarta (316 peserta), Bandung (125), Yogyakarta (109), Padang (75), Surabaya (69), Makasar (26), Bandar Lampung (14), dan Pontianak (4).

Siaran pers Kemenperin menyebutkan TKD merupakan salah satu tahapan rekrutmen CPNS Kemenperin untuk memenuhi kebutuhan sebanyak 147 formasi yang terdiri dari 42 jabatan dengan kualifikasi pendidikan: S2 (19 orang), D.IV/S1 (96), D.III (22), dan SMK (10).

Pelaksanaan TKD telah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang dilakukan secara mandiri pada unit kerja di lingkungan Kemenperin dengan tetap menggunakan soal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Pusdiklat Industri Mujiyono mengatakan materi TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Inteligensia Umum, dan Tes Karateristik Pribadi.

Sementara itu, peserta TKD adalah mereka yang dinyatakan lulus dari tes potensi khusus (ujian online), yang telah dilaksanakan sebelumnya. Selanjutnya, mereka yang nanti dinyatakan lulus pada tahap TKD akan mengikuti tahapan selanjutnya, Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Kemenperin telah melaksanakan proses rekrutmen CPNS dengan menggunakan sistem pendaftaran online sejak 2008 dan ujian online sejak 2009 seperti dilansir dari laman antaranews.