Kemhub RI; Siagakan 340 Rangkaian KA Reguler

Kemhub RI; Siagakan 340 Rangkaian KA Reguler

Gambir, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka menyambut momen mudik Lebaran 2015.

Kementerian Perhubungan dengan seluruh jajaran PT.KAI dan instansi terkait, akhir pekan ini telah melakukan koordinasi Apel Siaga untuk mendukung operasional perjalanan kereta api dan menyiagakan SDM PT.KAI serta mengerahkan seluruh sarana untuk memenuhi permintaan masyarakat akan moda tranportasi angkutan Lebaran 2015.

Melihat tingginya permintaan masyarakat akan moda tranportasi kereta api selama tahun-tahun sebelumnya, tahun ini PT. KAI kembali mengoperasikan beberapa KA tambahan untuk mengakomodir tingginya permintaan masyarakat, adapun KA tambahan Lebaran akan dijalankan mulai H1-7 sampai dengan H2+8 (tanggal 10 Juli s/d 26 Juli 2015).

Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan mengatakan pada tahun 2015 ini terjadi peningkatan akan permintaan tranportasi di moda kereta api, yang diperkirakan terjadi kenaikan sebanyak 2% dibandingkan tahun sebelumnya, berkaitan dengan hal itu, saya menekankan kepada seluruh jajaran petugas dan rekan-rekan kereta api serta petugas dari setiap intansi keamanan bersama sama mempersiapkan kesiagaannya dalam menciptakan kelancaran arus mudik Lebaran 2015 ini, sigap Ignatius Jonan dalam apel siaga di lapangan parkir stasiun Gambir, Jakarta.

Menteri Perhubungan juga menyampaikan kepada jajaran rekan-rekan kereta api yang bertugas, untuk tetap fokus dan mengutamakan keselamatan dalam bertugas serta dengan segenap hati menjaga kenyamanan para pemudik, dan melakukan pengamanan jalur jalur mudik yang rawan longsor maupun pengamanan dari adanya gangguan keamanan di perjalanan mudik, tukasnya. Disamping itu  pelayanan bagi para penumpang dan pemudik harus tetap di tingkatkan, tambahnya.

Tahun ini PT.KAI menyiapkan 340 rangkaian KA Reguler jarak jauh, sedang dan dekat(304 KA di Jawa dan 36 KA di Sumatera) dan 30 perjalanan KA tambahan Lebaran jarak jauh dan sedang (hanya di jawa). Ketersediaan tempat duduk untuk KA Reguler dan KA tambahan yakni 214.788 tempat duduk, dengan rincian 14.168 tempat duduk di Sumatera dan 200.620 tempat duduk di Jawa per hari. Jumlah ini meningkat 9% dari tahun 2014 dimana tersedia 197.136 tempat duduk.

Dari aspek prasarana, seperti tahun-tahun sebelumnya PT.KAI menyiapkan Alat Material Untuk Siaga(AMUS) pada titik-titik yang dianggap rawan seperti banjir dan longsor, dan mengadakan pemeriksaan ektra di seluruh jalur KA serta perodaan di lintasan kereta api pada waktu-waktu rawan. Selain itu untuk mendukung dan mensukseskan keselamatan dan pelayanan itu, PT.KAI bekerja sama dengan instansi terkait (Pemda, Aparat Keamanan ) di setiap perlintasan kereta api.

Untuk penjualan tiket, PT.KAI telah membuka penjualan secara online dan pembelian di loket sejak bulan Mei 2015.
Pada sesi penutupan sambutannya Menteri Perhubungan mengharapkan semua pihak terkait dapat menjalankan dan berkoordinasi dengan baik dan selalu monitor (siaga 24 jam) untuk perjalanan para penumpang dan pemudik sampai ke tujuannya, dan tidak terjadi kendala apapun serta kecelakaan yang fatal dalam mudik Lebaran 2015 ini, tutup Ignatius Jonan.