Kesdam Jaya Bersama HOG Jakarta Chapter; Gelar Bakti Sosial

Kesdam Jaya Bersama HOG Jakarta Chapter; Gelar Bakti Sosial

Kalimalang, Jakarta, Kabarindo- Harley Owners Group Jakarta Chapter bersama Tim Kesehatan Kodam (Kesdam) Jaya Jayakarta memberikan bantuan pengobatan kepada warga ibukota yang terkena dan terdampak bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di Jakarta.

"Kami bersama-sama dengan HOG Jakarta Chapter mengadakan pengobatan kepada para pengungsi korban banjir, pasien kami banyak ibu-ibu dan anak-anak. Kami mengundang dokter specialis kesini, mulai dari dokter penyakit dalam, prostodontics, Obgyn, THT, Anak, bedah tulang, bedah mulut, rehab medik, fisioterapi dan apoteker," ujar Letkol Ckm dr. Birza, SpOG, Kadep Obgyn RS. MOH Ridwan Meuraksa Pinang Ranti Jakarta Timur kepada rekan wartawan di lokasi pengungsian yang ditempatkan di kampus Universitas Borobudur, Kalimalang, Jalan Cipinang Melayu, Jakarta, Jum'at (24/02/2017).

Birza mengatakan, pengobatan yang dilakukan adalah tindakan awal bagi warga korban atau pengungsi banjir yang mengalami gangguan kesehatan atau menderita penyakit.

"Untuk sementara kita laksanakan di sini, dan apabila perlu tindakan mendesak, kita akan rujuk ke rumah sakit terdekat," kata Birza yang juga sebagai Ketua bakti sosial korban musibah banjir.

"Pengobatan yang banyak kita lakukan adalah influenza, sakit perut, dan penyakit kulit (gatal-gatal)," ungkap Birza.

Di tempat sama, Ray Saragih, Ketua Div. CRT HOG Jakarta Chapter mengatakan, HOG Jakarta Chapter bekerja sama dengan dealer Harley Mabua dan dealer Anak Elang (dealer harley baru) dan kita secara rutin mengadakan kegiatan sosial yang mengikuti keadaan dan situasi bencana yang tengah terjadi.

"Bantuan kita saat ini lebih mengutamakan pada pengobatan dan memberikan alat-alat kebersihan, karena alat-alat ini sangat penting dan perlu bagi mereka untuk membersihkan rumah-rumah mereka," kata Ray.

Lebih jauh, Ray mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial ini adalah kegiatan rutin HOG Jakarta Chapter. Berbagai kegiatan dan bentuk  bantuan yang sudah berjalan dalam program bakti sosial, mulai dari pengobatan, makanan, pakaian dan bentuk biaya lainnya.

"HOG Jakarta Chapter juga memberikan bantuan biaya lain seperti bantuan anak yatim dan khitanan masal," ujarnya.

"Jadi kegiatan bakti sosial HOG Jakarta Chapter ada ditiap wilayah dan tempat dan ini bertujuan memberikan bantuan dengan mengunjungi tempat-tempat serta warga yang kurang beruntung," jelas  Ray.

"Harapan kami memang tidak ingin  bencana datang, tetapi bencana pasti ada saja, namun kita selalu mencari solusi dengan turun langsung ke lapangan untuk menangani kasus-kasus penyakit yang ada di lapangan," lugas Birza menambahkan.
Kegiatan bakti sosial ini melibatkan 10 dokter specialis dari Kesdam Jaya, dan hadir puluhan anggota HOG Jakarta Chapter yang turut membantu serta membagikan makanan dan minuman kepada para pengungsi.

Berbeda dengan hari sebelumnya, hari ini pengungsi sebagian sudah kembali ke rumah masing-masing. Dimana pada hari sebelumnya (banjir kemarin) pengungsi ada 1.200 warga, namun untuk hari ini sudah berkurang, karena banjir sudah surut.

Dari pantauan rekan wartawan Kabarindo dilokasi, tampak sekitar ada 200 pengungsi yang masih bertahan.

"Warga antusias untuk memeriksakan kesehatannya. Mereka juga terbantu secara Psikologis, bahwasanya masih banyak warga masyarakat yang lain yang peduli untuk membantu," tutup Birza.