Kodam Jaya Jayakarta; Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke-70

Kodam Jaya Jayakarta; Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke-70

Makodam, Cililitan, Jakarta, Kabarindo- Sambut HUT TNI ke-70, Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, siap wujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.


Kemarin, Senin 05 Oktober 2015, tepat pukul 09.00 WIB, seluruh jajaran Militer, Tentara Nasional Indonesia memperingati Hari jadi /  HUT TNI ke-70. Upacara peringatan HUT TNI ke-70 ini, juga digelar oleh Kodam Jaya Jayakarta, yang dilaksanakan di Lapangan Makodam Jayakarta, Cililitan, Jakarta.

Sekitar 1.500 prajurit dari setiap jajaran kesatuan TNI, yang terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut, pagi ini merapatkan barisan untuk mengikuti jalannya upacara Peringatan HUT TNI ke-70.
Bertindak sebagai Komandan upacara,Letkol. Marinir, Supriyadi Tarigan , jabatan Danyon Provost Marinir. Dan bertindak selaku inspektur upacara Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Hadir pula, para pejabat negara dan pimpinan daerah serta organisasi masyarakat yang turut mengikuti upacara Peringatan HUT TNI pagi ini.

Tampak terlihat turut hadir, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Tito Karnavian beserta jajarannya. Dan tidak luput, kehadiran masyarakat dari berbagai kalangan, jadi kurang lebih 6.000 orang yang pada pagi ini mengikuti acara tersebut.


Upacara Peringatan HUT TNI ke-70 di Makodam, diawali dengan acara pemeriksaan seluruh pasukan upacara, kemudian dilanjutkan dengan penghormatan lambang-lambang kesatuan TNI dan lanjut dengan pengucapan Sapta Marga oleh salah satu prajurit TNI.
Acara ini merupakan puncak dari HUT TNI ke-70, dimana pada hari-hari sebelumnya seluruh jajaran kesatuan TNI telah menggelar beberapa kegiatan yang dilaksanakan disetiap kesatuan TNI, seperti kegiatan bakti sosial, pameran, bazar dan perlombaan-perlombaan yang turut mengundang seluruh lapisan masyarakat yang dilakukan oleh jajaran Kodam Jaya Jayakarta, yaitu Kodim dan Koramil setiap wilayah.


Seperti apa yang telah disampaikan oleh Panglima tertinggi TNI, Gatot Nurmantyo, yang memberikan perintah harian kepada seluruh prajurit TNI saat konferensi persnya di Mabes TNI kemarin 04 Oktober 2015 bahwa, seluruh prajurit TNI dalam melaksanakan tugasnya senantiasa mengedepankan kebersamaan dan menjaga ikatan keharmonisan dengan rakyat, karena rakyat adalah sebagai faktor kunci penentu untuk turut serta menjaga kedaulatan bangsa dan negara.
Usai acara pengucapan Sapta Marga, orang no.1 di DKI ini, yang kerap disapa Ahok, lanjut membacakan Amanat Presiden R.I, Ir.Joko Widodo untuk Tentara Nasional Indonesia pada HUT TNI ke-70 tahun ini.

Acara semakin meriah dengan digelarnya atraksi kolosal tentang sejarah seorang Jenderal Sudirman yang telah gugur di medan perang dalam perjuangannya mempertahankan bumi pertiwi Indonesia.

Pada kesempatannya, Ahok selaku inspektur upacara mengatakan, bahwa saya baru kali pertama memimpin upacara HUT TNI pada hari ini, "Saya sangat mengapresiasi Kodam Jaya, yang telah melakukan reformasi dalam jajaran sipil, ini adalah penghormatan dari Panglima Kodam Jaya terhadap keberadaan masyarakat sipil, yang mana sebagai prajurit dan sebagai pejuang, TNI selalu bersama-sama dengan rakyat dalam menyelesaikan masalah serta gangguan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan turut menjaga ketertiban serta keamanan di masyarakat, "ujar Ahok, usai acara peringatan HUT TNI ke-70. Kita (rakyat) bersama-sama dengan TNI harus mewujudkan kekuatan, tambahnya.
TNI adalah Rakyat-Rakyat adalah TNI.

Acara perayaan HUT TNI ke-70, dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama jajaran pemerintah dan jajaran pimpinan dan prajurit TNI Kodam Jaya Jayakarta serta seluruh lapisan masyarakat. Digelar pula pertunjukkan pentas musik untuk ikut memeriahkan HUT TNI, acara digelar di lapangan tengah Kodam Jaya.

Semoga TNI semakin profesional, kuat, dan hebat, dan memiliki kepribadian yang kokoh, kata Ahok.
"Akhir kata, saya minta kepada seluruh Prajurit TNI untuk terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiap-siagaan di manapun kalian berada dan bertugas. 

Mari kita jaga dan pelihara keutuhan dan kekompakan TNI. Peliharalah dan jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena bersama rakyat, TNI kuat.

Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.  Jadilah TNI yang berjuang, yang dicintai dan mencintai rakyat", ucap Ahok saat membaca paragraf akhir dari amanat Presiden kepada Tentara Nasional Indonesia.



Selamat Dirgahayu TNI ke-70, Bersama Rakyat TNI Kuat, Jayalah Tentara ku......