Kodam Jaya Jayakarta; Pantau Kondisi Sungai Ciliwung

Kodam Jaya Jayakarta; Pantau Kondisi Sungai Ciliwung

Cililitan, Jakarta, Kabarindo- Untuk menciptakan dan menjaga kebersihan salah satu ikon dari Ibukota DKI Jakarta, sungai Ciliwung, diperlukan sikap dan tindakan yang bukan hanya sekedar memungut sampah saja tetapi peran dan partisipasi setiap elemen warga dan masyarakat sangat diperlukan dalam upaya menyadarkan warga bantaran sekitar sungai.

Program bersih bersih sungai Ciliwung yang dilakukan oleh jajaran Kodam Jaya Jayakarta hingga akhir tahun ini, adalah merupakan usaha dan upaya yang serius untuk terus digalakkan, dan untuk mewujudkan sungai Ciliwung yang bersih, nyaman dan tertata. Dalam kegiatan bersih-bersih ini, belumlah berakhir dan puas begitu saja, namun capaian yang sudah nyata dan terlihat hasilnya, tentu mendapatkan apresiasi dan hal ini masih dibutuhkan perhatian lebih lanjut dari para pihak.

Menurut Mayor Inf. Denver Napu, Danramil 02 Mampang,"kegiatan bersih-bersih sungai Ciliwung sudah berjalan dengan baik dan terjadwal (setiap hari Rabu), namun untuk menumbuhkan sikap dan kesadaran warga dalam ikut menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan, sebenarnya suatu hal yang paling penting bagi kami," ujar Danramil 02 Mampang, Jakarta Selatan di lokasi kegiatan di bantaran sungai Ciliwung, Pancoran, Jakarta.

Sikap dan kepedulian bersama untuk melestarikan lingkungan dan menjaga kebersihan sepanjang sungai Ciliwung tersebut, lebih dibutuhkan peran dan partisipasi masyarakat dan seperti tiap-tiap dinas yang ada di wilayah
"Kegiatan bersama jajaran Kodam Jaya Jayakarta hari ini merupakan bagian dari tugas kami, untuk berperan aktif mewujudkan sungai Ciliwung di wilayah Ibukota DKI ini tentunya tidak luput dari perhatian dan pengawasan kami, ujar Danramil.
Dalam peran aktif kami melestarikan sungai Ciliwung, perlu disampaikan bahwa kegiatan kami bukan hanya memungut sampah, tapi kegiatan ini lebih bertujuan untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat serta kepedulian warga agar tidak membuang sampah di sungai, tutur lanjut Danramil. 

Dalam kesempatan ini, Kepala Penerangan Kodam Jaya ( Kapendam ) Jayakarta, Kolonel Inf. Heri Prakosa yang turut serta hadir mendampingi rekan-rekan media dalam kegiatan bersih-bersih Ciliwung pagi hari ini, bermaksud mengajak partisipasi rekan media untuk melihat dan membantu memungut sampah yang masih terlihat di sekitar bantaran sungai Ciliwung. Dalam hal ini rekan media kangen yang mana kurang lebih 3 bulan lamanya tidak melihat kondisi terkini dari sungai Ciliwung. Peran dan partisipasi rekan media ini juga sangat dibutuhkan, karena media adalah sebagai jembatan informasi masyarakat yang efektif dan efesien dalam menyampaikan informasi dan turut serta ikut mengedukasi masyarakat kearah pemikiran yang berbudaya dan bermartabat, ujar Kapendam di sela-sela kegiatan tersebut.


Masih ditemukan sampah baru, namun demikian sungai Ciliwung masih bersih, dan kondisi tersebut terlihat saat rekan media dan bersama jajaran Kodam Jaya melakukan perjalanan menelusuri sungai Ciliwung dengan menggunakan perahu motor.
Pada saat menelusuri sepanjang sungai, Kapendam menjelaskan bahwa kegiatan ini, selain memantau kondisi terkini, juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar bantaran sungai, agar tidak membuang sampah semaunya, kebersihan adalah milik kita bersama dan harus kita jaga bersama-sama untuk mendukung kelestarian dan kebersihan lingkungan, khususnya di sekitar sepanjang sungai Ciliwung ini, jelas lanjut Kapendam.

Masih ada satu dua warga yang bandel saat anggota jajaran Kodam Jaya sedang melaksanakan kegiatan bersih-bersih, dan melihat kejadian itu salah satu anggota Koramil 02 Mampang langsung menegurnya dan mengingatkan agar tidak membuang sampah di bantaran sungai, usaha tersebut sempat tidak digubris oleh warga, namun dengan kesadarannya warga bersedia memungut kembali sampah yang dibuangnya.
Pada kegiatan hari ini, kurang lebih ada 20 jajaran Kodam Jaya Jayakarta bersama rekan media dan sejumlah 53 anggota jajaran Koramil 02 Mampang yang mengelilingi sekitar bantaran sungai yang siap mengambil dan mengumpulkan sampah-sampah baru tersebut untuk dimasukkan kedalam karung.

Ada kurang lebih 27 karung dari hasil pengambilan sampah baru tersebut.
Dengan datangnya musim penghujan saat ini, diharapkan warga juga turut ikut mengantisipasi banjir, salah satunya kami berharap dengan sikap kesadaran dari warga untuk tidak membuang sampah sembarang di sungai Ciliwung tetap ditanamkan, tutup Danramil dalam bincang-bincang usai kegiatan tersebut.