Kongres Ke-29 HMI; Pekanbaru Jadi Tuan Rumah

Kongres Ke-29 HMI; Pekanbaru Jadi Tuan Rumah

Surabaya, Kabarindo- Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) akan menggelar kongres ke-29 di Pekanbaru, Provinsi Riau, 1 hingga 5 November 2015.

"Konsultasi dengan Majelis Pengawas dan Konsultasi PB HMI pada tanggal 1 September 2015 menghasilkan kesepakatan bahwa kongres ditetapkan tanggal 1--5 November 2015," kata Ketua Panitia Nasional Kongres Ke-29 HMI seperti dilansir dari laman antaranews.

Ketua Umum PB HMI Arief Rosyid Hasan mengatakan bahwa kongres tersebut merupakan konsolidasi nasional kader HMI seluruh Indonesia guna merumuskan rekomendasi-rekomendasi, baik internal maupun eksternal.

"Kongres ini harus berkualitas dan berintegritas sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas pula. Kongres ini akan membahas kondisi kebangsaan dan memberikan usulan jalan keluar terkait kondisi tersebut," katanya.

Ia menjelaskan bahwa untuk rekomendasi internal pihaknya berharap agar pendiri HMI Prof. Lafran Pane diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Pengawas dan Konsultasi (MPK) PB HMI Syarif Ahmad mengatakan bahwa rapat MPK mengharapkan panitia mempersiapkan agenda kongres dengan baik.

"Majelis Pengawas dan Konsultasi PB HMI sangat mengapresiasi pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan untuk Kongres Ke-29 HMI di Pekanbaru, Riau," katanya.

Selain itu, kata dia, MPK juga merekomendasikan terwujudnya rekrutmen kepemimpinan tertinggi di HMI dapat terlaksana secara berkualitas dengan membangun atmosfer kompetisi berdasarkan nilai-nilai akademis.

"Untuk itu, MPK mengusulkan adanya tim seleksi calon Ketua Umum PB HMI yang bertugas melakukan penjaringan kandidat yang dilakukan sebelum memasuki arena kongres, seperti uji publik calon. Insya Allah akan dilakukan di lima daerah di Indonesia bertempat di kampus-kampus besar, seperti UI di Jakarta, USU di Medan, UGM Yogjakarta, Unhas di Makassar dan Unmul di Kalimantan Timur," katanya.

Uji publik itu akan menghadirkan para guru besar di kampus-kampus tersebut dengan harapan dapat mengembalikan posisi HMI sebagai bagian integral dari dinamika kehidupan mahasiswa dan pelopor intelektual muslim profesional dan pencipta kader umat dan kader bangsa.

Koordinator Steering Committee (SC) Kongres Ke-29 HMI Amal Sakti menyatakan pihaknya juga berusaha maksimal agar dalam kongres nanti menghasilkan keputusan-keputusan yang berkualitas dan melahirkan pemimpin berkualitas pula.

"Kami dari SC berusaha menyiapkan konsep kongres yang lebih berkualitas dan tepat waktu bersama-sama dengan tim seleksi serta panitia nasional," ujarnya.

Dalam kongres nanti akan dibuka oleh Presiden RI dan dihadiri oleh pejabat negara lainnya. Panitia juga mengundang para alumnus HMI, seperti H.M. Jusuf Kalla (Wapres RI), Akbar Tanjung, Mahfud Md. (Koordinator Presidium KAHMI), Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI), dan Irman Gusman (Ketua DPD RI).

Alumnus lainnya adalah Harry Azhar Azis (Ketua BPK RI), Husni Kamil Manik (Ketua KPU RI), Muhammad (Ketua Bawaslu RI), Ferry Mursidan Baldan (Menteri Agraria), Yuddy Chrisnandy (Menteri PAN & RB), M. Nasir (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi), Anies Baswedan (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Azyumardi Azra, Taruna Ikrar, dan lainnya.