LINE Creativate 2017; Jaring 17.000 Karya Kreatif Digital Indonesia

LINE Creativate 2017; Jaring 17.000 Karya Kreatif Digital Indonesia

Surabaya, Kabarindo- LINE Creativate 2017 berhasil menjaring lebih dari 17.000 karya dari insan kreatif yang tersebar di seluruh Indonesia, meningkat 12% dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun ini, LINE Creativate 2017 kembali didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dengan mengusung tema ‘Indonesia Unjuk Kreatif’ guna mendorong talenta lokal Indonesia membawa karya mereka ke tingkat selanjutnya.

Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia, mengatakan di era digital ini, industri kreatif merupakan salah satu pilar yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompeten serta lapangan pekerjaan baru. Ekonomi kreatif digital juga merupakan masa depan Indonesia. Untuk itu, LINE akan terus mendukung dalam mengembangkan dan menyediakan platform kreatif untuk para kreator lokal guna membawa karya mereka ke tingkat selanjutnya.

“Acara ini merupakan pesta kreatif milik rakyat dan kreator lokal Indonesia. Kami akan terus mendorong pertumbuhan partisipasi talenta lokal Indonesia melalui berbagai kompetisi di rangkaian LINE Creativate,” ujar Kim dalam rilis yang diterima pada Rabu (1/11/2017).

Memasuki tahun ketiga, LINE telah mewadahi hampir 2 juta pelaku kreatif di Indonesia dan terus mendorong partisipasi talenta lokal agar dapat memamerkan dan mengkontribusikan karya mereka guna mendukung industri ekonomi kreatif di Indonesia.

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, mengatakan ini adalah tahun ketiga pihaknya mendukung rangkaian acara LINE Creativate.  Kegiatan ini sejalan dengan visi dan misinya untuk membangun perekonomian Indonesia termasuk bidang desain grafis, animasi, teknologi dan apps development.

“Melalui ajang seperti ini diharapkan talenta-talenta lokal yang tersebar di seluruh Indonesia dapat terinspirasi untuk mengembangkan dan memonetasi karya mereka sekaligus bernovasi, berekspansi dan berkontribusi dalam mengembangkan potensi diri serta menjadi bagian dari revolusi generasi kreatif di Indonesia,” ujarnya.

LINE Indonesia memiliki visi dan misi sama dengan pemerintah dalam memberantas konten negatif dan mewujudkan dominasi konten positif di internet. Teknologi interne berkembang seiring berjalannya waktu.  Sekarang internet tidak hanya digunakan untuk chatting atau mencari informasi, namun sudah menjadi gaya hidup masyarakat dunia. Namun internet di Indonesia masih banyak memiliki konten-konten negatif yang didalamnya terdapat unsur SARA, pornografi, radikalisme, terorisme dan sebagainya.

“Karena itu, kami melihat LINE sebagai platform kreatif yang dominan di kalangan millenial Indonesia dapat menyediakan wadah untuk mendorong masyarakat untuk menghasilkan karya yang memiliki nilai dan konten positif. Diharapkan, melalui acara LINE Creativate 2017, semakin banyak talenta lokal yang berkreasi di bidang industri kreatif,” ujar Septriana Tangkary, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.