LIPI 2014; Rilis Varietas Baru Ikan Pari

LIPI 2014; Rilis Varietas Baru Ikan Pari

Jakarta, Kabarindo- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai lembaga pemerintah di bidang ilmu pengetahuan terus melakukan upaya eksplorasi pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.

Salah satunya adalah penemuan varietas baru ikan pari tutul kecil (Himantura tutul).

Peneliti molekuler ikan pari dari Pusat Penelitian (Puslit) Oseanografi LIPI Dr. Irma Shita Arlyza mengatakan spesies ikan pari Himantura yang hidup di Indonesia terdiri dari empat spesies berkerabat dekat.

"Jenis baru ini jelas dapat dipisahkan dari tiga kerabat terdekatnya yakni Himantura Leoparda, Himantura Warnak, dan Himantura Undulata yang umum dijumpai di perairan tropis Indo-Pasifik Barat," papar Irma di kantornya, Jakarta, Kamis (3/4).

Ikan pari ini diberi nama belakang "tutul" karena di punggungnya terdapat corak bertutul yang sama dengan pola di macan tutul.

Irma mengatakan dalam bahasa Indonesia, ikan pari ini diusulkan disebut disebut pari tutul kecil dan dalam bahasa Inggris disebut "Fine-Spotted-Whipray".

"Pari Tutul Kecil ini berukuran besar dengan lebar hingga sekitar 1,5 meter. Pari ini baru memijah pada usia sekitar 5-10 tahun dengan jumlah anak yang sangat kecil,". Ujar Irma.

Ia menambahkan tidak heran keberadaannya rentan terhadap ancaman kepunahan terutama karena penangkapan yang berlebihan.

"Identifikasi jenis baru ini memberikan masukan yang penting untuk upaya konservasinya," ucap Irma.

Ikan Pari varietas baru ini, terang Irma, ditemukan di empat lokasi berbeda yakni Laut Jawa, Kawan perairan Singaraja Bali Utara, Kawasan perairan selatan jawa dan Selat Sunda.

"Saat ini sedang dilakukan penelitian apakah persebarannya juga diluar empat lokasi tadi," kata Irma.

Ia mengungkapkan hasil temuan ini merupakan kerjasama Indonesia dan Prancis yang telah dipubkikasikan di Jurnal Comptes Rendus Biologies pada Juli Tahun 2013 seperti dilansir dari laman beritasatu.