LIPI Expo 2013; Bengkulu Jadi Tuan Rumah

LIPI Expo 2013; Bengkulu Jadi Tuan Rumah

Bengkulu, Kabarindo- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan pameran ilmu pengetahuan "LIPI Expo 2013" pada 26 hingga 30 September 2013 di Kota Bengkulu.

"Kegiatan ini adalah pameran LIPI yang keempat, namun yang pertama kali diadakan di luar Jakarta," kata Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim dalam sambutannya di Bengkulu, Jumat malam seperti dilansir dari laman antaranews.

Menurut Lukman, pameran tersebut merupakan perhelatan tahunan sebagai upaya LIPI dalam membangun masyarakat Indonesia untuk mengenal pengetahuan dan teknologi yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain pameran, LIPI juga menyelenggarakan Seminar Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Lokal untuk Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Bengkulu dan beragam pemaparan hasil penelitian LIPI.

Lembaga tersebut mengadakan seminar hasil penelitian LIPI di Kantor Gubernur Bengkulu serta beberapa diskusi interaktif di area LIPI Expo Pantai Panjang.

"Namun tentu tidak cukup hanya memperlihatkan hasil penelitian saja kepada masyarakat. Agar dapat memberikan nilai tambah, kami berharap hasil tersebut dapat berguna bagi para pengambil keputusan pembangunan daerah agar tepat sasaran," kata Lukman.

Seminar tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan hasil penelitian LIPI kepada pemangku kepentingan di daerah agar dapat diaplikasikan oleh masyarakat.

Selain itu diskusi yang dilakukan juga diharapkan menjadi komunikasi dua arah antara kepentingan penelitian dengan kebutuhan riil yang ada di masyarakat.

Pengunjung yang menghadiri pameran tersebut, Syamsudin Samir (21), mengatakan ketertarikannya melihat sejumlah hasil penelitian yang dipamerkan oleh LIPI.

"Saya baru pertama ini melihat pameran hasil penelitian konkret seperti mikro hidro, pengembangan sumberdaya kelautan dan geologi yang ada di Indonesia," kata Syamsudin seperti dilansir dari laman antaranews.

Perhelatan LIPI Expo 2013 dilakukan bersamaan dengan Bengkulu Expo di Pusat Olahraga Pantai Panjang, Bengkulu.

Perhelatan tersebut diramaikan oleh sejumlah tarian khas Sumatra seperti Tari Piring, kesenian dongeng Aceh serta beberapa kesenian daerah lain untuk menarik pengunjung dan meningkatkan pariwisata di Provinsi Bengkulu.