LSPR Jakarta Gandeng British Council; Gelar Kampanye Bersama

LSPR Jakarta Gandeng British Council; Gelar Kampanye Bersama

Jakarta, Kabarindo- London School of Public Relations (LSPR) – Jakarta dan British Council menandatangani Memorandum of  Understanding (MOU) dan siap berkolaborasi dalam meningkatkan kesadaran terhadap Kesetaraan, Perbedaan dan Inklusi (Equality, Diversity and Inclusion). Pendandatanganan MOU dilakukan oleh Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR (Founder & Director LSPR – Jakarta) dan Summer Xia (Director Operations British Council Indonesia). di Prof. Dr. Djajusman Auditorium & Performance Hall, LSPR – Jakarta, Jl. KH Mas Mansyur Kav. 35, Jakarta Pusat

Kolaborasi ini diwujudkan dalam kompetisi film pendek dan pembuatan poster kampanye Equality, Diversity and Inclusion, yaitu kampanye global yang dicanangkan British Council di seluruh dunia dengan tujuan membangun kesadaran dari masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung adanya kesetaraan serta secara terbuka menerima perbedaan latar belakang, karakteristik, kemampuan, status, kondisi, etnik, budaya dan lainnya. Dengan adanya kesadaran tersebut, maka dunia ini menjadi tempat yang lebih nyaman dan aman bagi setiap individu untuk menjalankan kewajiban dan mendapatkan haknya. Peserta dari kompetisi ini adalah mahasiswa/i dari jurusan Mass Communication dan Digital Media Communication & Advertising, LSPR – Jakarta. Hasil karya pemenang kompetisi film pendek dan poster akan digunakan sebagai materi kampanye Equality, Diversity and Inclusion bukan hanya di Indonesia, namun juga akan didistribusikan ke negara lainnya.

Hubungan baik antara LSPR – Jakarta dan British Council telah terjalin sejak lama dalam berbagai kegiatan yang saling mendukung. Dr. Mike Hardy (pada saat itu adalah Director of British Council Indonesia) ikut meresmikan Kampus LSPR di Sudirman Park area pada tahun 2007. Director of British Council selanjutnya yaitu Mr. Keith Davies, memberikan nama bagi salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran akan dampak global warming yaitu LSPR 4C (Climate Change Champion Club). Penandatanganan MOU kali ini akan semakin mempererat hubungan dan kolaborasi kegiatan yang akan dilakukan LSPR – Jakarta dan British Council selanjutnya.

“Berawal dari kunjungan kami ke LSPR – Jakarta, kami melihat bahwa disini memiliki mahasiswa/i serta dosen dari berbagai macam latar belakang dan bisa berdampingan secara harmonis. Karena hal tersebut, kami merasa bahwa LSPR – Jakarta merupakan partner yang tepat untuk mengkampanyekan Equality, Diversity and Inclusion” ujar Summer Xia, Director Operations British Council Indonesia.


Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, Founder & Director LSPR – Jakarta menyampaikan “LSPR – Jakarta sudah memiliki bentuk nyata dari Equality, Diversity and Inclusion. Equality dan Diversity diwujudkan dalam bentuk LSPR 10 Pillars, yaitu nilai – nilai utama yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan oleh seluruh keluarga besar LSPR – Jakarta. LSPR 10 Pillars terdiri dari: Percaya Kepada Tuhan, Jujur, Menunjukan Rasa Hormat, Disiplin, Bertanggung Jawab, Sopan Santun, Gigih, Percaya Diri, Mandiri dan Keunggulan. Selain itu LSPR – Jakarta juga sudah menjadi kampus inklusi dengan menerima anak berkebutuhan khusus untuk berkuliah di kelas reguler serta memiliki London School Beyond Academy (LSBA), sebuah lembaga pelatihan keterampilan untuk anak berkebutuhan khusus”.

Sebagai institusi pendidikan, LSPR - Jakarta memiliki kepedulian tinggi untuk turut berperan dalam mendukung dan bertindak aktif dalam dinamika globalisasi serta mempersiapkan mahasiswa/i yang nantinya siap bersaing secara global, salah satunya dengan meningkatkan kolaborasi dengan international  partner seperti British Council. Bentuk kerja sama lain yang terdapat dalam MOU meliputi kesempatan magang dan bekerja bagi mahasiswa/i dan lulusan LSPR – Jakarta untuk bekerja di British Council, pembicara dalam berbagai acara, kolaborasi kampanye tentang global isu lainnya, penyelenggaraan acara dan lain sebagainya.

Selanjutnya, pada tanggal 13 Oktober 2014, LSPR – Jakarta akan menandatangani MOU dengan Direktorat Bidang Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dengan poin utama peresmian LSPR – Jakarta sebagai pusat kajian ASEAN dari perspektif public relations. Selain itu, LSPR – Jakarta juga memiliki acara Ambassadors Talk, sebuah diskusi bersama para ambassador yang pada tanggal 17 Oktober 2014 nanti menghadirkan H.E. Bunyan Saptomo, Duta Besar RI untuk Bulgaria dan H.E. Ramli Saud, Duta Besar RI untuk Ethiopia dengan tema “Diplomasi Kebudayaan RI”. Diskusi ini terbuka bukan hanya untuk mahasiswa/i dan dosen LSPR – Jakarta, namun juga dari kampus lainnya.

London School of Public Relations – Jakarta yang berdiri sejak 1 Juli 1992 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi yang terbagi atas enam konsentrasi pilihan yaitu, Public Relations, International Relations, Marketing, Mass Communication, Visual Design Communication & Advertising dan Performing Arts Communication, serta program pasca sarjana yang terbagi menjadi empat konsentrasi yaitu Corporate Communication, Marketing Communication, International Relations Communication dan Mass Media Management. Saat ini LSPR – Jakarta memiliki 15.356 lulusan serta lebih dari 4500 mahasiswa/i aktif.