Lezatnya Kare Kepala Ikan; Bersama Kambing Oven

Lezatnya Kare Kepala Ikan; Bersama Kambing Oven

Surabaya, Kabarindo-  Anda penggemar masakan berbahan ikan?

Atau penggemar masakan dari daging kambing? Atau keduanya?

Mungkin anda sering menyantap kepala ikan yang dimasak sebagai menu sup, gulai atau tom yam. Mungkin anda juga sering menyantap sate kambing atau gulai kambing.

Bagaimana jika mencoba mencicipi Kare Kepala Ikan dan Kambing Oven yang disajikan Hotel Bisanta Surabaya? Kedua menu ini hasil olahan Chef Rochim untuk para tamu yang menginap di sini atau sekedar datang untuk bersantap.

“Kare Kepala Ikan dan Kambing Oven cocok dinikmati siang ataupun malam. Apalagi saat musim hujan sekarang, bisa menghangatkan badan,” ujar Chef Rochim pada Senin (25/11).

Ia mengatakan, ikan dan daging kambing mengandung protein yang tinggi, menyehatkan tubuh dan meningkatkan stamina. Asal jangan banyak – banyak mengkonsumsi daging kambing bagi penderita hipertensi karena kolesterolnya tinggi.

Chef Rochim menjelaskan bahan dan bumbu Kare Kepala Ikan dan Kambing Oven serta cara mengolah kedua menu ini. “Mudah koq bikinnya,” ujarnya.

Menurut Chef Rochim, Kare Kepala Ikan memiliki cita rasa pedas dan asin. Menu ini bisa menggunakan kepala ikan apa saja asal ukurannya cukup besar. Namun ia menggunakan kepala ikan kakap putih karena rasanya enak.

Chef Rochim mengolah kepala ikan menjadi menu kare untuk menghilangkan bau amis. Bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serai, kemiri, daun jeruk, garam, gula pasir dan gula merah, merica dan penyedap.

Cara mengolahnya, kepala ikan dibelah dua lalu dibersihkan. Bumbu dihaluskan kecuali serai yang dikeprek dan daun jeruk. Tumis bumbu hingga harum. Tambahkan kaldu lalu rebus sampai mendidih. Masukkan kepala ikan, rebus lagi 10 menit lalu angkat. Kare Kepala Ikan siap disajikan dan disantap selagi panas dengan nasi putih.

Untuk bahan Kambing Oven, kata Chef Rochim, menggunakan daging dari kambing berumur kurang dari setahun agar empuk saat diolah. Bumbunya terdiri dari tomat, bawang merah, bawang putih, serai, dan jeruk, garam, gula, penyedap, kecap manis, cabe rawit dan bumbu gado – gado.

Daging kambing dipotong – potong, dicuci bersih lalu tiriskan. Masukkan sebentar ke dalam rebusan air yang sudah mendidih lalu buang airnya. Rebus air lagi hingga mendidih, masukkan potongan – potongan daging dan tunggu sampai empuk. Angkat daging kambing, oleskan bumbu lalu dioven. Siap disantap dengan nasi putih yang hangat.

Chef Rochim menyebutkan, teman minum yang pas bagi Kare Kepala Ikan dan Kambing Oven adalah jeruk hangat untuk menetralisir rasa amis ikan dan wengur daging kambing. Cocok pula dengan wedang sereh untuk menghangatkan tubuh pada musim hujan.