Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional 2014; Siap Di Gelar

Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional 2014; Siap Di Gelar

Jakarta, Kabarindo- Siswa dan siswi harus diberikan wadah untuk menciptakan kreativitas seni dan budaya.

Untuk itu, tahun ini kembali digelar Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional (LCSPN) 2014.

Dirjen Kebudayaan, Kemdikbud Prof. Dr. Kacung Marijan mengatakan pemerintah mengelar LCSPN bertujuan sebagai sarana bagi pelajar SD dan SMP di Indonesia untuk menampilkan kreativitas berkesenian secara kompetitif.

“Acara tingkat nasional ni sekaligus sebagai upaya mendorong pengembangan karakter generasi muda yang seimbang antara logika, etika, dan estetika,” jelasnya di Jakarta, Jumat (8/8).

Rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta Ibu Ani Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menyerahkan piala kepada 42 siswa-siswi pemenang LCSPN 2014. Puncak acara ini berlangsung di Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, pada 9 Agustus 2014.

LCSPN ke-9 yang diselenggarakan tiga kementerian terkait yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf), dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg) ini mengangkat tema "Indonesia Bersatu" dengan sub tema "Indah Negeriku Damai Bangsaku".

Presiden SBY dan Ani Bambang Yudhoyono kemudian menuju lokasi lomba dan disambut oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta Menparekraf. Selanjutnya panitia mengumpulkan hasil karya peserta lomba diteruskan dengan foto bersama Presiden SBY dan Ani Bambang Yudhoyono di Jati Putih.

Di sela-sela itu, ditampilkan hiburan seni berupa Kacapi Suling dari Sanggar Seni Gelar Gunara dan Kaulinan Barudak, yang dilanjutkan dengan penilaian oleh tim juri di Istana Kepresidenan Cipanas.

Presiden SBY dan Ani Bambang Yudhoyono kemudian menuju gedung induk dan tenda utama dengan berjalan kaki seraya disambut dengan Tari Wayang Hihid Panghelaran serta persembahan musik dan Tari Sayang Menda dari Padepokan Seni Sarotama dari Solo, Jawa Tengah.

Kacung menjelaskan, untuk jenjang SD, ada tiga lomba yang digelar yakni lomba lukis, puisi, dan lomba membatik. Masing-masing kategori lomba diikuti 33 peserta.

Sementara jenjang SMP, ada empat lomba yakni lomba lukis, cipta puisi, cipta lagu, dan lomba desain motif batik. Masing-masing kategori lomba juga diikuti 33 peserta. Hasil lomba peserta akan dinilai oleh tim juri di kategori masing-masing. Tim juri terdiri dari atas tiga orang yang berkompeten di bidang seni yang dilombakan.

Menurut Kacung, acara ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari himbauan SBY pada Peringatan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2006 di Taman Mini Indonesia Indah. LCSPN pertama kali digelar tahun 2006 di Taman Bunga Nusantara Cipanas, Bogor seperti dilansir dari laman beritasatu.