MNCTV; Siap Gelar Dangdut Awards 2014

MNCTV; Siap Gelar Dangdut Awards 2014

Surabaya, Kabarindo- MNCTV akan menggelar Dangdut Awads 2014 yang disiarkan secara langsung dari Studio 3 pada Kamis (11/12/2014) malam.
 
Sajian berdurasi 4 jam tersebut akan dibalut dengan tema besar Bollywood. Acara akan dipandu oleh Andhika Pratama, Narji, Zaskia Gotik dan Billy Syahputra, yang dimeriahkan oleh Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Ikke Nurjanah, Ayu Ting Ting, Julia Perez, Zaskia Gotik, Siti Badriah, Jenita Janet, Wiwik Sagita, Cita Citata dan Husein Idol.
 
Dangdut Awards merupakan penghargaan kepada para insan dangdut di tanah air dan karya-karya terbaik mereka. Dangdut Awards 2014 dibagi dalam 9 kategori penghargaan yaitu Penyanyi Dangdut Pria Terpopuler, Penyanyi Dangdut Wanita Terpopuler, Penampilan Terpopuler, Lagu Terpopuler, Pendatang Baru Terpopuler, Duo/Trio/Grup Terpopuler, Video Klip Terpopuler. Lifetime Achievement dan Legenda Dangdut.
 
Sebagai rangkaian acara tersebut, MNCTV telah menggelar sajian musik spesial Road to MNCTV Dangdut Awards yang disiarkan langsung pada September dan November lalu dengan menampilkan sejumlah pedangdut tersohor. Sebut saja Raja Dangdut Rhoma Irama, Ratu Dangdut Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Putra Raja Dangdut Ridho Rhoma, Ikke Nurjanah, pedangdut fenomenal Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik serta alumni KDI.
 
Programming & Production Director MNCTV, Endah Hari Utari, mengatakan industri musik dangdut di tanah air cukup diperhitungkan. Sayangnya ajang penghargaan khusus bagi pelaku industri dangdut masih minim.
 
“Sebagai stasiun televisi yang berkomitmen memajukan musik dangdut di tanah air, MNCTV berupaya selalu mengembangkan musik dangdut, salah satunya dengan mengadakan Dangdut Awards 2014,” ujarnya dalam rilis.
 
Kanti Mirdiati, Managing Director MNCTV, menambahkan pihaknya memberikan apresiasi kepada para insan dangdut tanah air atas hasil karya terbaik mereka. Diharapkan penghargaan ini akan memotivasi para pelaku industri musik dangdut untuk terus menghasilkan karya-karya terbaik sehingga musik dangdut  terus berkembang.
 
Regenerasi di industri musik dangdut bisa dikatakan berjalan cukup baik diantaranya melalui ajang pencarian bakat di  MNCTV yaitu Kontes Dangdut Indonesia (KDI) yang mampu mencetak para penyanyi dangdut muda berbakat. Selain melahirkan pedangdut pendatang baru, lagu-lagu dangdut baru juga bermunculan.
 
Sayangnya, kemunculan bakat dan hasil karya dangdut tidak diimbangi dengan pemberian penghargaan kepada para insan dangdut. Padahal penghargaan ini bisa membuat industri musik dangdut makin menggeliat dan regenerasi bisa terus berjalan. Untuk itulah MNCTV kembali menggelar Dangdut Awards 2014.
 
Di Indonesia, musik dangdut memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Menurut hasil survei dari Skala Survei Indonesia (SSI) yang pernah melakukan riset tentang jenis musik yang paling disukai publik Indonesia, sebanyak 58.1% menyukai dangdut. Dangdut merupakan jenis musik yang menjadi idola semua kalangan.