Makassar Semi Marathon; Sukses Diikuti 38 Pelari Dunia

Makassar Semi Marathon; Sukses Diikuti 38 Pelari Dunia

Makassar, Kabarindo- Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

Ia mengaku gembira karena puluhan pelari dunia ikut ambil bagian pada acara internasional, Makassar Semi Marathon 2013 yang berlangsung di Anjungan Pantai Losari, Makassar.

"Alhamdulillah, Makassar semi maraton luar biasa menurut saya karena masyarakat sangat antusias dengan kegiatan kita dan pada kegiatan perdana ini diminati cukup besar oleh pelari dunia," tegasnya di Makassar, Minggu (8/12).

Ilham mengatakan, banyaknya pelari dunia yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini menandakan jika Makassar khususnya Anjungan Pantai Losari yang sudah mulai dikenal dunia itu menjadi magnet tersendiri bagi dunia internasional.

Wali Kota Makassar dua periode itu mengaku jika pada kegiatan yang dilaksanakannya itu mencoba mengundang 16 elit pelari dunia, namun sampai hari pelaksanaan, jumlahnya terus bertambah menjadi 38 elit pelari dunia.

"Kalangan masyarakat tidak menyangka, ternyata kota Makassar kedatangan atlit berbagai negara. Sebanyak 38 dari 100 yang terdaftar pelari dunia hadir di Makassar, padahal yang kita undang itu cuma 16 tetapi animo mereka cukup tinggi dan kami selaku panitia pastinya berbangga dengan kehadiran mereka," katanya.

Ilham juga mengaku bersyukur atas suksesnya lomba maraton bertaraf Internasional kali pertama di Kota Makassar sekaligus Sulsel itu. Diikuti 3.116 pelari ikut Semi Maraton dalam rangka HUT ke 406 Kota Makassar ini.

"Pelari dunia ramai-ramai datang ke kota kita, masyarakat juga mendukung. Memang tujuan saya menggelar Makassar Maraton ini, agar Makassar jadi salah satu sport tourism di Indonesia, saya ingin dunia tahu bahwa bukan hanya di Jakarta tapi Makassar juga akan menjadi tempat tujuan olah raga," lanjutnya.

Di antara 38 pelari elit itu, turut ambil bagian atlit asal tiga negara yakni, Amerika Serikat, China, Australia, Singapura, Afrika Selatan, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Kenya, Thailand, Filiphina, Nigeria, Ethiopia, Jepang, Belanda, Denmark, Austria, dan Korea Selatan.

Kategori lomba selengkapnya di kegiatan ini mencakup tiga nomor, masing-masing 21K, 10K, dan 5K terbuka untuk umum (nasional dan internasional). Serta 5K khusus bagi pelajar sebagai kancah kompetisi pembibitan atlit muda.

Lokasi start dan finis mengambil tempat di salah satu ikon kota Makassar, yakni Pantai Losari. Berdasarkan peta, rute perlombaan meliputi lima landmark terkenal di ibu kota Negeri Anging Mammiri.

Para pelari akan diajak menjejaki Pantai Losari - Benteng Rotterdam - Gedung Kesenian Societet de Harmonie - Lapangan Karebosi - Monumen Mandala - dan kembali ke Pantai Losari. Lomba lari semi-marathon ini memang hendak mengangkat spirit wisata olahraga.

"Program wisata olah raga memiliki peran strategis, karena berpotensi meningkatkan kualitas kunjungan wisatawan dari segi lamanya kunjungan maupun pengeluaran wisata selama kunjungan itu," ungkapnya seperti dilansir dari laman beritasatu.