Menlu RI; Siap Hadiri Forum Oslo 2015

Menlu RI; Siap Hadiri Forum Oslo 2015

Jakarta, Kabarindo- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Ia akan menghadiri Forum Oslo 2015 di Norwegia untuk berbicara tentang pengalaman Indonesia dalam mengatasi konflik dan menghasilkan resolusi pascakonflik.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir usai konferensi pers mingguan di Ruang Palapa Kemlu, Jakarta, Kamis, mengatakan Menlu Retno akan hadir dalam Forum Oslo atas undangan dari Menlu Norwegia.

"Forum Oslo tahun ini akan membahas resolusi konflik, menlu diminta untuk berbicara tentang pengalaman-pengalaman Indonesia dalam mengatasi konflik dan pascakonflik," kata dia.

Arrmanatha menambahkan menlu juga akan memanfaatkan kunjungan tersebut untuk melakukan pertemuan bilateral dengan menlu Norwegia.

"Tentunya apabila sudah sampai di sana, akan ada kesempatan untuk bertemu menlunya," kata dia.

Diwawancarai secara terpisah, Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavik mengatakan pihaknya menantikan kunjungan Menlu Retno Marsudi ke negara Skandinavia tersebut.

"Kami memiliki banyak hal untuk ditawarkan selama kunjungan Ibu Menlu (Retno Marsudi) di Norwegia. Kami akan membicarakan berbagai kerja sama, seperti di sektor maritim, industri dan teknologi ramah lingkungan," kata dia.

Forum Oslo merupakan agenda tahunan dari Kementerian Luar Negeri Norwegia dan Pusat Dialog Kemanusiaan (HD Centre).

Forum Oslo 2015 yang akan diikuti oleh para menteri luar negeri dan pejabat tinggi yang berperan sebagai mediator konflik dan pihak ketiga dalam proses perdamaian untuk berbagi pengalaman, mengidentifikasi tantangan dan bertukar pikiran dalam mengatasi konflik seperti dilansir dari laman antaranews.