Menpora Siapkan Bonus; Semangati Atlet Sea Games 2013

Menpora Siapkan Bonus; Semangati Atlet Sea Games 2013

Jakarta, Kabarindo- Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Roy Suryo.

Ia menegaskan bahwa pihaknya dipastikan akan menganggarkan bonus bagi atlet yang meraih medali pada SEA Games 2013 Myanmar.

"Bonus bagi peraih medali di SEA Games Myanmar pasti ada, dan itu sudah dianggarkan untuk 2014," kata Roy Suryo di Jakarta, Senin, saat acara pelepasan atlet yang akan menuju ke Myanmar.

Ketika disinggung tentang jumlah bonus yang akan diberikan, Roy Suryo mengatakan, nilainya sama dengan yang diberikan pada SEA Games 2011.

Pada SEA Games lalu 2011 di Jakarta dan Palembang, pemerintah melalui Kemenpora memberikan bonus sebesar Rp200 juta bagi setiap atlet yang merebut medali emas, Rp50 juta untuk perak, dan Rp30 untuk perunggu.

Menpora mengakui bahwa bonus dapat memacu semangat atlet untuk berprestasi, tapi menurutnya, semangat nasionalisme lebih menjadi motivasi.

"Atlet harus tampil dengan semangat nasionalisme tinggi, di dadamu terpampang lambang Garuda dan Merah-Putih," katanya.

Sementara itu atlet cabang karate yang akan turun di nomor kata perorangan dan beregu, Faisal Zainuddin, menyatakan sangat senang jika pemerintah merealisasikan tentang bonus tersebut.

"Tentu kami sangat senang kalau ada bonus, itu sebagai perangsang untuk kami lebih bersemangat mengejar prestasi," katanya.

"Tapi tidak perlu diragukan rasa nasionalisme Merah-Putih tetap menjadi motivator utama kami," tambahnya.

Menanggapi tentang rasa pesimisme Indonesia mampu mempertahankan posisi sebagai juara umum di SEA Games Myanmar nanti, Roy Suryo mengatakan, bahwa hal itu tidak benar.

"Sering orang mempertanyakan apakah Indonesia bisa juara....saya katakan bisa," ujar Menpora.

"Kami harus bisa mempertahankan gelar juara umum di SEA Games, meskipun nanti di Myanmar akan banyak nomor-nomor pertandingan yang tidak lazim bagi Indonesia," katanya.

"Tuan rumah Myanmar banyak mempertandingkan nomor-nomor cabang tradisional, tapi kami akan berusaha untuk memenangi itu," tambahnya.

Menurut Roy, pada SEA Games 2013 Myanmar, Indonesia mentargetkan meraih 125 medali emas sekaligus mempertahankan gelar juara umum.

Pada acara pelepasan 621 atlet ke SEA Games Myanmar itu, Menpora didampingi Ketua KOI Rita Subowo seperti dilansir dari laman antaranews.