Menteri Agama; Hari Ini Buka Undian Pemondokan Haji

Menteri Agama; Hari Ini Buka Undian Pemondokan Haji

Jakarta, Kabarindo- Menteri Agama Suryadharma Ali Selasa pagi akan membuka qur`ah (undian) pemondokan haji di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jl. MH. Thamrin, Jakarta sekaligus membuka rapat kerja nasional (Rakernas) penyelenggaraan ibadah haji 1434H/2013M.

Seluruh pemangku kepentingan dalam raker tersebut diperkirakan hadir, seperti Duta besar Arab Saudi, Konsul Jenderal RI dan seluruh kepala Kantor Kementerian Agama diharapkan menghadiri qur`ah (pengundian) pemondokan haji. Termasuk mitra kerja kementerian tersebut Komisi VIII DPR, kata Sekditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Cepi Supriatna, Selasa.

Bersamaan qur`ah juga dilaksanakan Rapat Kerja, kata Direktur Pelayanan Haji, Sri Ilham Lubis di Jakarta, Minggu. Selain qur`ah, juga akan dilakukan peluncuran Seragam Mukena Nasional dan penyerahan penghargaan Indonesia sebagai penyelenggara haji terbaik.

"Seragam mukena Nasional baru tahun ini diluncurkan. Penghargaan penyelenggara haji terbaik akan diserahkan oleh Dirjen PHU kepada Menteri Agama," kata Sri Ilham seperti dilansir dari laman antaranews.

"Jadi, seluruh stakeholder haji diundang, mulai dari Komisi VIII DPR, Dubes Arab Saudi, Konjen, serta para kepala kanwil dan kepala bidang Haji Kemenag provinsi di seluruh Indonesia," katanya.

Khusus untuk Rakernas haji, lanjut Cepi, pihaknya juga melibatkan Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Bea Cukai dan Imigrasi. Utusan dari masing-masing kementerian, termasuk Bea Cukai dan Ditjen imigrasi, diagendakan akan menyampaikan paparan terkait kesiapan penyelenggaraan ibadah haji.

Kesiapan penggunaan embarkasi Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada musim haji 1434 H/2013 M, diperkirakan juga akan dibahas. Termasuk kasus "Middle East Respiratory Syndroerianme Coronavirus" (MERS-CoV) yang menyerang kawasan Timur Tengah, khususnya di Arab Saudi karena ancaman penyakit tersebut tidak dapat dipandang sebelah mata.