Miracle; Bantu Wujudkan Rumah Tinggal Layak Huni

Miracle; Bantu Wujudkan Rumah Tinggal Layak Huni

Surabaya, Kabarindo- Miracle Aesthetic Clinic meluncurkan program kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Believe in Miracle: The Miracle Touch for a Happy Healthy Home” pada Kamis (14/8/2014).

Dr. Lanny Juniarti, Presiden Direktur Miracle Aesthetic Clinic, mengatakan salah satu nilai dalam budaya Miracle yaitu social concern dengan berperan serta dalam kehidupan sosial masyarakat. Dalam kegiatan CSR kali ini, Miracle membantu untuk mewujudkan rumah tinggal layak huni bagi keluarga berpenghasilan rendah.

“Kami terdorong untuk ikut membantu keluarga miskin di daerah pedesaan agar dapat memiliki rumah layak huni sehingga meningkatkan kehidupan mereka dan memberikan masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Menurut dr. Lanny, rumah bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, namun juga sebagai tempat tumbuh kembang bagi anak-anak, sehingga mereka dapat menjadi harapan baru untuk masa depan yang lebih baik.

Untuk itu, Miracle bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia, membangun rumah layak huni bagi 10 keluarga berpenghasilan rendah di Jakarta, Surabaya dan Bali. Kerja sama ini dituangkan dalam nota kesepahaman (MOU) yang ditandatangani di ketiga kota ini.

Leopold Sutedja, Senior Program Manager Habitat for Humanity Indonesia, mengatakan program pembangunan 10 rumah tersebut akan dimulai pada September - Desember 2014. Lembaga kemanusiaan global yang berdiri pada 1976 ini akan bertanggungjawab dalam manajemen konstruksi, mulai dari survei, analisis lokasi, pemilihan mitra rumah hingga proses konstruksi.

“Kemiskinan merupakan masalah yang kompleks di Indonesia. Rendahnya tingkat pendidikan dan keterampilan, serta minimnya infrastruktur membuat keadaan masyarakat miskin semakin terpuruk,” ujarnya.

Leopold menambahkan, rumah yang layak penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Hal ini tak bisa diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah, namun juga membutuhkan bantuan pihak swasta.

Sebagai klinik kecantikan yang memiliki sterilization program, Miracle juga peduli terhadap higienitas dan sanitasi, terutama di rumah-rumah keluarga berpenghasilan rendah di daerah daerah kumuh. Masyarakat perlu meningkatkan kesadaran akan perilaku kebersihan mereka.

“Kondisi keluarga miskin perlu segera.mendapat perhatian. Sanitasi yang buruk, air yang terkontaminasi dapat menciptakan kondisi yang tidak sehat dan menimbulkan penyakit seperti diare, tipus, disentri, malaria, demam berdarah, hepatitis, penyakit pernapasan kronis dan infeksi usus. Keluarga miskin yang kurang berpendidikan cenderung melakukan praktik kebersihan yang buruk sehingga berkontribusi terhadap penyebaran penyakit dan peningkatan resiko kematian,” ujar dr. Lanny.

Ia menambahkan, rumah yang bersih dan nyaman akan meningkatkan kesehatan dan menjadi tempat yang kondusif untuk belajar bagi anak-anak. Keluarga juga akan memiliki potensi untuk membuka usaha kecil atau mengejar peluang ekonomi lainnya.