Mobil Vios; Hijrah Ke Timur Tengah

Mobil Vios; Hijrah Ke Timur Tengah

Karawang, Kabarindo- PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengekspor sedan Vios ke sembilan negara di Timur Tengah.

"Toyota Indonesia untuk petama kalinya mengekspor sedan ke negara-negara di Timur Tengah," kata Preskom TMMIN yang juga Managing Officer Toyota Motor Corporation Hiroyuki Fukui, di Karawang, Jawa Barat, Rabu.

Sembilan negara tersebut adalah Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yordania, dan Yaman.

Hadir pada ekspor perdana sedan Vios ke Timur Tengah itu Menperin MS Hidayat dan Mendag Muhammad Lutfi, serta sejumlah duta besar negara di Timur Tengah untuk Indonesia. Pada tahap awal TMMIN akan mengekspor 1.000 unit per bulan, dan akan ditingkatkan secara bertahap menjadi 3.000 unit per bulan.

Dengan ekspor Vios tersebut, kata Fukui, Toyota menjadi perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang mengekspor sedan ke berbagai negara.

Ditambahkan Presdir TMMIN Masahiro Nonami, sedan Vios yang diekspor ke negara-negara di Timur Tengah tersebut dikenal dengan nama "Yaris sedan."

"Ekspor ini membuka lembaran baru dalam sejarah kami, dengan mengekspor sedan dalam jumlah besar," katanya.

Ia mengatakan ekspor sedan tersebut merupakan bagian dari rencana TMMIN untuk meningkatkan ekspor sekitar 30 persen pada 2015 dibandingkan tahun 2013.

Selama ini TMMIN telah memproduksi dan mengekspor sejumlah mobil Toyota antara lain kendaraan serbaguna (MPV) Kijang Innova, kendaraan sport (SUV) Fortuner.

Tahun lalu ekspor mobil TMMIN mencapai sekitar 118 ribu unit yang diekspor ke berbagai negara di dunia, termasuk kawasan ASEAN, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.

"Kami mengharapkan terus dukungan pemerintah untuk meningkatkan daya saing antara lain dengan peningkatan pembangunan infrastruktur termasuk jalan dan pelabuhan Cilamaya," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.