MoboMarket Ajak Pelaku Industri; Kembangkan Ekosistem Mobile Internet

MoboMarket Ajak Pelaku Industri; Kembangkan Ekosistem Mobile Internet

Surabaya, Kabarindo- Pasar mobile internet terus berkembang seiring dengan pertumbuhan teknologi dan internet. Hal ini terjadi dalam skala global, termasuk di Indonesia. Apalagi operator-operator telekomunikasi mulai menggelar layanan 4G untuk menyediakan akses internet yang lebih kencang bagi para pelanggan.
 
Hal ini membuat banyak perusahaan di bidang jasa telekomunikasi, internet dan aplikasi membidik potensi pasar mobile di Indonesia. Salah satunya adalah Baidu, perusahaan teknologi asal Tiongkok yang beroperasi di Indonesia sejak 2013.
 
“Kami ingin mengembangkan ekosistem industri mobile di Indonesia dan membantu para pengembang aplikasi lokal untuk mendistribusikan aplikasi mereka melalui MoboMarket,” ujar Li Junfeng,  Head of MoboMarket Product Team, pada Rabu (18/2/2015).
 
Hadir sebagai toko aplikasi alternatif bagi pengguna Android, MoboMarket mendistribusikan beragam aplikasi, termasuk games, wallpaper serta ringback tone. Hingga kini, MoboMarket memiliki 517.000 aplikasi yang lebih dari 1.000 di antaranya merupakan aplikasi asal Indonesia.
 
Menurut Junfeng, Indonesia merupakan pasar mobile yang berkembang pesat. Namun masih ada kendala-kendala yang dihadapi oleh para pelaku industri mobile untuk melebarkan sayap, antara lain mobile internet masih dalam proses berkembang dan belum semua daerah terjangkau oleh infrastruktur jaringan yang stabil. Selain itu, pengembang aplikasi di Indonesia belum terlalu banyak serta kebanyakan pengguna mobile di Indonesia lebih menyukai game dan aplikasi gratis.
 
Saat ini baru terdapat 283 pengembang aplikasi lokal yang bekerja sama dengan MoboMarket.  Junfeng optimistis, dengan ekosistem yang semakin berkembang, akan ada lebih banyak pengembang aplikasi yang bergabung di MoboMarket.
 
Baidu meyakini jumlah pengguna smartphone Android di dunia akan terus meningkat. Hal ini membuka peluang lebih besar bagi para pelaku industri mobile internet. Untuk mengembangkan ekosistem mobile internet di Indonesia, MoboMarket membuka peluang kerja sama dengan para manufaktur smartphone, operator, pengembang aplikasi lokal, payment channel serta media.
 
MoboMarket berencana mengembangkan bisnis dengan membangun traffic platform, memperluas channel distribusi yang efektif, serta fokus dalam membantu mitra dan para pengembang aplikasi dalam melakukan monetisasi.
 
“Oleh karena itu, kami mengundang para pelaku industri terkait untuk bekerja sama dengan MoboMarket guna mengembangkan ekosistem mobile internet di Indonesia,” ujar Junfeng.