NTT 2015; Siap Jadi Produsen Sapi Terbesar

NTT 2015; Siap Jadi Produsen Sapi Terbesar

Kupang, Kabarindo- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Kementrian Pertanian RI menargetkan ‎wilayah tersebut sebagai produsen sapi terbesar di Asia Tenggara dalam kurun waktu 10 tahun kedepan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman‎ ‎saat mengunjungi Peternakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Propinsi NTT yang memiliki luas‎ 22 hektar.

"Kita mau NTT jadi pusat pengembangan semen beku berkualitas dan produsen sapi, tidak hanya terbesar di Indonesia namun juga di Asia Tenggara," ujar Amran, Kamis (5/2) petang.

Menurut Amran, kualitas semen beku (sperma sapi) asal Indonesia sebenarnya sudah sangat baik namun ia kecewa bahwa komoditas tersebut akhirnya malah di eksport ke luar negeri.

"Kalau seperti itu kan lucu, masak kita eksport semen beku unggulan, tapi kita malah import sapi dari luar," kata Amran.

‎Amran mengaku akan memberi bantuan sebanyak‎ ‎396 ekor sapi bali betina, dan 120 ekor sapi jantan untuk wilayah NTT sehingga produktivitas sapi lebih tinggi.‎"

"‎Kita perlu dorong dan kembangkan sapi di NTT‎, dari total penyu‎ntikan sperma ke 2 juta sapi di Indonesia, 50 ribu diantaranya ada di NTT. Dengan penyuntikan ini diharapkan sapi menjadi lebih berkualitas," lanjut Amran seperti dilansir dari laman beritasatu.

Selain itu, untuk menambah kualitas perkawinan silang sapi, ia juga akan mendatangkan 30.000 ekor sapi secara bertahap untuk membantu meningkatkan produktivitas peternakan sapi yang ada di NTT.