Otoplus Gandeng Toyota; Siap Eksplorasi Jatim Hidden Paradise

Otoplus Gandeng Toyota; Siap Eksplorasi Jatim Hidden Paradise

Surabaya, Kabarindo- Tabloid Otoplus bersama Toyota dan Toyota Motor Oil Lubricant siap mengeksplorasi tempat-tempat wisata tersembunyi di 30 kota di Jawa Timur selama 80 hari dalam Jatim Hidden Paradise (JHP).

Editor in Chief Otoplus, Achmad Riswan, mengatakan JHP adalah kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Surabaya ke-722 dan Provinsi Jawa Timur yang ke-70 melalui eksplorasi kekayaan alam yang memiliki potensi untuk dikembangkan, namun belum banyak diketahui masyarakat umum, berikut kekayaan sosial dan budayanya.

“Kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah setempat, karena ekspedisi ini akan diinformasikan kepada masyarakat melalui rnedia cetak, elektronik, online maupun radio. Dari sini, diharapkan masyarakat tertarik untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata tersebut sehingga akan memberikan kontribusi kepada perekonomian daerah,” ujar Riswan di Tugu Pahlawan, Sabtu (6/6/2015).

Ia menambahkan, sebenarnya Jatim punya banyak tempat wisata indah yang merupakan hidden paradise karena kurang terekspos. Juga memiliki beragam kuliner dan sosial budaya yang menarik.

Rombongan JHP dijadwalkan berangkat pada Senin (8/6) untuk melakukan perjalanan selama 80 hari dengan menjelajahi hidden paradise yang tersebar di 30 daerah di Jatim. Namun Riswan mengatakan, pada awal dan akhir puasa Ramadhan serta Idul Fitri, tim akan istirahat.

Hidden paradise tersebut tersebar di berbagai daerah di Jatim mulai dari Surabaya, Madura hingga Banyuwangi. Beberapa diantaranya adalah bangunan bersejarah di kampung lawas di Surabaya seperti Peneleh dan Maspati serta petilasan Sunan Kalijogo di Gresik. Banyak pula tempat yang mungkin belum diketahui masyarakat seperti Gua Langsih, Gua Lumbung, Gua Jodoh, Gua Macan, Gua Putih Asih, Gua Gembul, Sungai Buntung, Bukit Jamur, Bukit Surowiti dan Gunung Ratu. Juga makam Ronggolawe di Tuban serta lokasi tenggelamnya kapal Van der Wick di Lamongan.

PR Manager PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat, mengatakan selama perjalanan tersebut, rombongan menggunakan Kijang Innova (diesel) dan Avanza Veloz (bensin) untuk menempuh jarak 10.000-15.000 kilometer. Mereka akan mencoba performa Toyota Motor Oil (TMO) lubricant tanpa diganti selama perjalanan.

Pengujian oli dilakukan pada kedua mobil tersebut. Tiap 1.000 km dilakukan pengambilan data berupa pengukuran ketinggian pelumas TMO lubricant lewat dipstick dan pengambilan suhu mesin menggunakan temperature gun. Tujuannya untuk mengetahui perubahan volume dalam waktu tertentu dengan kondisi mesin saat itu.

Perlakuan ekstrem pelumas yang tidak diganti sama sekali selama ekspedisi JHP untuk mengetahui dengan pasti performa pelumas, terutama dalam tingkat penguapan dan perlindungan maksimal terhadap komponen mesin.