PLN 2015; Siap Tambah 3 Juta Pelanggan Baru

PLN 2015; Siap Tambah 3 Juta Pelanggan Baru

Jakarta, Kabarindo- Perusahaan setrum negara, PT Perusahaan Listrik negara (PLN) berencana menambah tiga juta pelanggan baru tahun depan.

Pelanggan baru itu berasal dari pengguna listrik 450 watt - €“900 watt yang merupakan kelompok rumah tangga.

Seperti dilaporkan kontan.co.id, Sabtu (05/07), Direktur Utama (Dirut) PLN Nur Pamudji, mengatakan tahun lalu pengguna listrik 450 watt - 900 watt tercatat mencapai 37,8 juta pelanggan. Kemudian naik menjadi 42 juta di tahun 2014. Adapun tahun depan diproyeksikan, sambungan akan naik menjadi 45 juta pelanggan.

Asal tahu saja, kenaikan jumlah pelanggan listrik rumah tangga berasal dari penambahan jumlah perumahan yang menyasar segmen menengah bawah. Setali tiga uang, penambahan jumlah pelanggan berdampak pada nilai subsidi.

Untuk itu, PLN menyatakan sudah mengusulkan dana subsidi itu masuk dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015. Adapun, hitungan subsidi mengacu asumsi harga minyak mentah (ICP) di level US$ 95 - €“US$ 105 per barel. Selain meminta subsidi dari pemerintah, PLN mengklaim telah berusaha mengurangi beban operasional dengan mengurangi pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk pembangkit listriknya seperti dilansir dari laman energitoday.