PLN Disjaya; Lakukan Penertiban Jaringan Telematika Illegal

PLN Disjaya; Lakukan Penertiban Jaringan Telematika Illegal

Gambir, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka turut aktif menjaga estetika kota DKI Jakarta, dan menjaga mutu keandalan penyaluran tenaga listrik dan memenuhi ketentuan keselamatan ketenagalistrikan, Perusahaan Listrik Negara, PT. PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) hari ini melakukan penertiban terhadap jaringan illegal yang menempel pada tiang listrik milik PLN.

"Hari ini kami melakukan penertiban jaringan illegal yang menempel pada tiang (PLN) kami tanpa izin," ujar Leo M. Basuki,‎ Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT. PLN Distribusi Jakarta Raya saat dijumpai rekan-rekan media usai gelar apel jajarannya di halaman Kantor PLN Disjaya, Gambir, Jakarta, Rabu 02/03/2016.

Leo M. Basuki menjelaskan, penertiban ini dalam rangka perawatan aset PLN dan meningkatkan keindahan, estetika tata kota Jakarta. PLN Disjaya memperhatikan banyak sekali kabel-kabel telematika yang ditumpahkan di jaringan listrik PLN, sehingga jaringan terlihat sangat kumuh.

"‎Akhir-akhir ini banyak sekali kabel telematika yang ditumpangkan di jaringan listrik PLN, sehingga kabel-kabel jaringan terlihat sangat kumuh. Tiang listirik juga banyak yang miring  karena terbebani dan ini sangat membahayakan bagi masyarakat," ujar Leo M. Basuki dalam pidatonya saat apel.

Proses penertiban dilakukan berupa penyetopan sampai pemutusan instalasi, penyegelan dan penurunan jaringan illegal tersebut.

"Sebelum melakukan penertiban, kami  sudah memperingatkan para vendor yang tidak memiliki izin untuk segera menertibkan kabelnya sendiri, dan ini sudah kami sampaikan melalui media massa beberapa waktu yang lalu" ungkapnya.

Namun hingga batas waktu yang ditentukan, 28 Februari 2016 pemilik jaringan tersebut belum juga melakukannya.
Menyikapi hal tersebut, PLN Disjaya, dimulai hari ini dan besok 03 Maret 2016 di 48 Lokasi di DKI Jakarta yang dengan melibatkan pihak kepolisian, satpol PP DKI Jakarta, dan anak perusahaan PLN, PT. Indonesia Comnets Plus (ICON+) yakni perusahaan yang menangani Penataan dan Penertiban Pemanfaatan Aset PLN untuk kepentingan Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika akhirnya melakukan penertiban jaringan tersebut.

"Kami berharap kepada semua pihak, baik vendor-vendor dan segenap warga DKI Jakarta, ikut memperhatikan dan mendukung upaya ini agar senantiasa manfaat listrik bisa dirasakan oleh masyarakat, dan listrik tidak padam,  serta tidak menganggu keindahan Ibu kota," imbuh Leo M. Basuki mengakhiri keterangan persnya.