PMI Layani Ambulans Udara; Bantu Korban Di Filipina

PMI Layani Ambulans Udara; Bantu Korban Di Filipina

Jakarta, Kabarindo- Palang Merah Indonesia bersama Philippines Red Cross (PRC) hingga saat ini masih memberikan pelayanan medis kepada warga di Tacloban, Provinsi Leyte, Filipna  yang dilanda Topan Haiyan pada bulan lalu. Arifin Muh Hadi, Team Leader PMI Yolanda Mission mengatakan bahwa helikopter PMI telah beroperasi udara pelayanan evakuasi udara bagi warga.

“Hari ini, Air Rescue PMI (helikopter) menerbangkan seorang pasien bernama Veronica Buensuceso,25 tahun, dari kotaTacloban ke Kota Cebu, untuk diberikan perawatan dan penanganan medis lebih lanjut karena keterbatasan sarana kesehatan di sini,” ujar Arifin saat mengantar di Sport Center Tacloban, tempat heli mendarat.

Leyte merupakan wilayah kepulauan, sehingga perjalanan menuju Cebu hanya bisa ditempuh melalui udara dan laut. Pelayanan ambulans udara ini dapat digunakan sewaktu-waktu bila ada situasi darurat. “Saat ini heli PMI standby di Cebu, namun sewaktu-waktu dapat dimobilisasi untuk keadaan darurat,” jelasnya.

Chairman PRC, Dick Gordon yang ikut mengantar pasien menyambut baik pelayanan ambulans udara PMI ini. “Good Job, and terima kasih,” kata Gordan didampingi Sekjen PRC Gwen Pang sembari menyalami kru heli PMI.

KM Emir, yang membawa bantuan dari Indonesia dan PRC Chapter Cebu dijadwalkan akan merapat di pelabuhan Tacloban pada 7 Desember besok. “Kapal sedang memuat tambahan beras berapa barang lain dari Cebu untuk membantu kebutuhan logistik warga di wilayah Tacloban dan sekitarnya,” tandasnya usai berkoordinasi dengan PRC Tacloban.

“Nantinya, semua barang bantuan akan diberikan kepada warga dan peralatan PMI akan dimaksimalkan untuk pelayanan bersama PRC,” pungkasnya.