Padang Alokasikan Rp8,1 Miliar; Untuk Kelola Sungai-Danau

Padang Alokasikan Rp8,1 Miliar; Untuk Kelola Sungai-Danau

Padang, Kabarindo- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyediakan anggaran sebesar Rp8,1 miliar untuk membiayai program pengembangan dan pengelolaan dan konversi sungai, danau dan sumber daya air lainnya selama 2015.

Pengembangan dan pengelolaan sumber daya air itu dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) bersama pihak terkait lainnya dan dananya dari dari APBD Padang 2015, kata Wali Kota (Wako) Padang, Mahyeldi di Padang, Minggu.

Ia menjelaskan dalam program ini dilaksanakan delapan kegitan meliputi, rehabilitasi cek dam dan bendungan dengan dana Rp1,7 miliar, lalu normalisasi saluran sungai dengan biaya Rp2,5 miliar dan pendampingan kegiatan pemeliharaan irigasi (WISMP-APL 2) dengan anggaran Rp100 juta.

Lalu, kegiatan pengadaan bronjong dengan biaya Rp1,7 miliar, perencanaan normalisasi sungai dialokasikan dana Rp314,5 juta dan pelaksanaan kegiatan WISMP-APL 2 dengan anggaran Rp314,5 juta.

Selanjutnya, operasional dan pemeliharaan rutin rawa, pantai dan sungai dengan dana Rp1,2 miliar, serta perencanaan rehabilitasi bendungan/cek dam dengan biaya Rp255 juta.

Menurut dia, total dana untuk program ini meningkat pada 2015 dibanding yang dialokasikan pada APBD Padang 2014 yang saat itu disediakan Rp5,7 juta.

Ditingkatnya jumlah anggran program tersebut, menurut Wakil Ketua DPRD Padang, Asrizal, karena program tersebut memang butuh tambahan anggaran, sebab Padang rawan bencana banjir seperti dilansir dari laman antaranews.