Padang Arafat; Sambut Wukuf Jamaah Merah Putih

Padang Arafat; Sambut Wukuf Jamaah Merah Putih

Jakarta, Kabarindo- Update dari Kota Suci Makkah.

Padang Arafah sedang berbenah untuk menyambut jemaah haji yang akan wukuf pada puncak prosesi ibadah haji dan mulai berdatangan pada 8 Dzulhijah 1434 Hijriah atau 13 Oktober 2013.

Tenda-tenda bagi jemaah yang dibagi per maktab, Selasa (8/10), sudah mulai dipasang, termasuk bagi jemaah asal Indonesia. Jemaah Indonesia dibagi dalam 48 maktab.

Di Maktab 1 bagi jemaah haji Indonesia, sejumlah pekerja sedang memasang tenda yang dialasi permadani.

Seorang pekerja asal Pakistan, Farman Ali menjelaskan, untuk Maktab 1 disiapkan 350 tenda bagi 3.200 jemaah.

"Permintaannya 320 tenda tetapi yang disiapkan 350 tenda," katanya lalu menambahkan bahwa semua permadani yang dipakai baru dan masih disegel.

Ia menargetkan dalam dua hari ke depan semua pekerjaan tersebut sudah selesai. Menurutnya, mereka sudah mulai mengerjakan pemasangan tenda dengan perlengakapannya sejak 12 hari lalu.

Setelah itu mereka akan memasang permadani di Mina yang tenda-tendanya sudah tersedia.

Di Arafah juga disiapkan Kantor Misi Haji Indonesia yang di antaranya terdapat tenda untuk masjid dan tenda para petugas haji.

Di antara tenda-tenda tersebut sudah terpasang sejumlah kamar mandi portable yang dilengkapi WC duduk dan pancuran air untuk mandi.

Di sana sejumlah petugas juga tampak sedang bekerja memasang alat pendingin ruangan, instalasi listrik dan menyiapkan alas karpet serta kasur.

"Kami menyiapkan tenda, listrik, AC, dan kasur, semua sudah lengkap tinggal dipasang," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.

Berbeda dengan tahun lalu, maka kali ini, pemberangkatan jamaah haji Indonesia dari pemondokan ke Arafah akan terbagi dalam tiga gelombang, yaitu gelombang I dari jam 08.00-12.00, gelombang II dari jam 12.00-16.00 dan gelombang III dari jam 16.00-22.00.

Pengaturan itu untuk mencegah terjadi kepadatan yang berlebihan sepanjang perjalanan dari Makkah ke Arafah.