Palembang 2017; Siap Punya Rumah Sakit Khusus Hewan

Palembang 2017; Siap Punya Rumah Sakit Khusus Hewan

Palembang, Kabarindo - Kota Palembang segera memiliki Rumah Sakit Hewan karena Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan saat ini tengah menyelesaikan pembangunan rumah sakit khusus hewan dan pusat informasi masyarakat untuk mendapatkan penjelasan terkait hewan peliharaan.

"Jika tidak ada hambatan yang berarti pembangunan Rumah Sakit Hewan (RSH) di kawasan KM 6 Palembang pada awal 2017 bisa selesai dan beroperasi, kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Selatan Amruzi Minha, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, secara umum bangunan fisik rumah sakit khusus hewan itu sudah selesai, sekarang ini sedang proses penyelesaian akhir beberapa bagian ruangan dan penyetelan peralatan pelayanan kesehatan hewan dan laboratorium.

Sebagian peralatan dan fasilitas pendukung sudah siap, bahkan beberapa peralatan sudah mulai dilakukan penyetelan, katanya.

Menurut dia, pembangunan rumah sakit khusus hewan di daerah ini dilakukan untuk menjamin kesehatan hewan peliharaan masyarakat dan ternak yang biasa dikonsumsi masyarakat Sumsel, serta mempercepat pengembangan ternak khususnya sapi.

Dengan adanya RSH itu diharapkan hewan peliharaan masyarakat dapat dilakukan pemeriksaan dengan baik dan dapat dicegah penularan penyakit hewan kepada manusia.

Kemudian pengembangan hewan ternak juga dapat dilakukan dengan maksimal karena didukung peralatan pemeriksaan kesehatan hewan yang memadai.

Untuk mempersiapkan pengoperasian RSH di Kota Palembang itu, pihaknya sekarang ini berkoordinasi dengan organisasi profesi dokter hewan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) tentang apa saja yang diperlukan dan dukungan tenaga profesional dan berkompeten, kata Amruzi seperti dilansir dari laman antaranews.