Patung Pahlawan Nasional Leimena; Siap Diresmikan Presiden

Patung Pahlawan Nasional Leimena; Siap Diresmikan Presiden

Ambon, Kabarindo- Patung pahlawan nasional yang semasa hidup biasa disapa dengan Om Jo itu dibangun di pertigaan kawasan Poka, Kecamatan Teluk Dalam.

Kasubdin Pengembangan Permukiman dan Tata Bangunan Dinas PU Maluku Kasrul Selang di Ambon, Minggu (3/6) kemarin seperti dilansir dari laman MIcom.

Ia mengatakan, peresmian bangunan tersebut akan bersamaan dengan sejumlah proyek di daerah ini dengan memanfaatkan kehadiran Kepala Negara untuk membuka Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXIV pada 8 Juni 2012.

"Ini penghargaan Pemprov Maluku maupun rakyat Maluku terhadap perjuangan Om Jo sebagai tokoh nasional yang perlu diteladani generasi muda Indonesia," ujarnya.

Patung Om Jo setinggi lima meter yang dikerjakan seorang dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) telah dipasang di monumen pada 24 April 2012.

Patung dari perunggu itu setelah melalui tahapan rupa akhir dikirim dengan kontainer dari Pati, Jawa Tengah.

Penghargaan lain yang diberikan Pemprov Maluku untuk jasa Om Jo adalah membangun rumah di desa Ema, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, untuk dihuni cucu Om Jo yakni Emma Esterlina Leimena, 56.