Pemerintah Sudah Menanam; 1,6 Miliar Pohon

Pemerintah Sudah Menanam; 1,6 Miliar Pohon

Yogyakarta, Kabarindo- Pemerintah telah menanam sebanyak 1,6 miliar batang pohon pada 2012 dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan, kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

"Penanaman pohon sebanyak itu dilakukan melalui Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon," katanya pada orasi ilmiah Pesona Taaruf 2013 yang diikuti 5.034 mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta, beberapa hari yang lalu.

Menurut dia, pihaknya optimistis Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon itu akan memberikan hasil nyata bagi masyarakat seperti berkurangnya banjir dan tanah longsor saat musim hujan, berkurangnya kekeringan berkepanjangan pada musim kemarau.

Selain itu, lingkungan menjadi sehat, sejuk, indah, nyaman, dan damai, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Untuk itu saya mengajak semua pihak agar dapat melestarikan budaya menanam demi terselenggaranya pembangunan untuk mencapai cita-cita bersama yakni terwujudnya Indonesia hijau," katanya.

Ia mengatakan, Kementerian Kehutanan mendorong para pengusaha hutan, tambang, kebun, dan sektor lain yang menggunakan kawasan hutan untuk melakukan kegiatan usahanya dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan.

Selain itu juga meningkatkan perhatian pada kesejahteraan masyarakat sekitar yang berada di lingkungan areal kerja pemanfaatan hutan atau penggunaan kawasan hutan.

"Pemanfaatan hutan sekarang harus lebih berorientasi keselamatan ekosistem termasuk manusia, flora, dan fauna, selain mengejar keuntungan secara ekonomi," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.

Usai memberikan orasi ilmiah, Menteri Kehutanan bersama Rektor UII Edy Suandi Hamid selanjutnya melakukan penanaman bibit pohon trembesi di kawasan kampus tersebut.