Pemilihan Bujang Dayang Bangka Belitung 2014; Sukses Di Gelar

Pemilihan Bujang Dayang Bangka Belitung 2014; Sukses Di Gelar

Pangkalpinang, Kabarindo- Dinas Pariwisata Propinsi Bangka Belitung kembali menyelenggarakan pemilihan Bujang Dayang Bangka Belitung 2014.

Pemilihan ini bertujuan untuk memilih putra-putri daerah terbaik Bangka Belitung untuk menjadi duta wisata dan budaya Bangka Belitung. Puncak acara dilaksanakan pada Sabtu, 8 November 2014 di Grand Ballroom Hotel Santika Bangka. Hadir sebagai bintang tamu Putri Pariwisata Indonesia 2013 Nabilla Sabrina yang juga menjadi dewan juri di malam Grand Final Pemilihan Bujang Dayang Duta Wisata Bangka Belitung 2014.

Ketua Asosiasi Duta Wisata Indonesia, Adi Pratama Wicaksana Putra, yang menjadi Ketua dewan juri mengungkapkan bahwa para duta wisata ini nantinya diharapkan tidak hanya sekedar mempromosikan pariwisata Bangka Belitung tetapi juga menjadi inspirator untuk mengajak seluruh elemen masyarakat di Bangka Belitung untuk ikut aktif dalam pengembangan pariwisata Bangka Belitung. “Duta Wisata Bangka Belitung harus mampu mengajak masyarakat, utamanya pemuda untuk semakin serius melihat dan mengapresiasi berbagai potensi pariwisata yang ada di Bangka Belitung.”

“Jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2015, Bangka Belitung akan dibanjiri investor dan juga pencari kerja yang melihat peluang dari Industri pariwisata yang dimiliki oleh Bangka Belitung. Jika tidak mempersiapkan diri dengan baik, masyarakat lokal Bangka Belitung hanya akan menjadi penonton saja saat industri pariwisata Bangka Belitung telah maju. Pemerintah juga perlu semakin serius pada pembenahan sarana dan pra sarana Pariwisata, untuk bisa menjadikan sektor ini sebagai alternatif dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” tutur Adi.

Bangka Belitung telah sejak lama terkenal dengan keindahan pantainya yang didukung bentangan tebing-tebing batu yang memukau, sebut saja keindahan Pantai Tanjung Tinggi di Pulau Belitung yang telah mahsyur berkat novel dan film Laskar Pelangi, dapat dipastikan akan menjadi magnet bagi banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Produksi timah yang kian menurun dan kerusakan lahan yang ditimbulkan oleh industri pertambangan membuat pemerintah perlu mengambil langkah strategis untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat. Industri pariwisata dan ekonomi kreatif, bisa menjadi salah satu solusinya.

Hal ini juga dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung Tajuddin KA dalam sambutannya di Grand Final Pemiliha Bujang Dayang Duta Wisata Bangka Belitung 2014. “Kita harus giat berpromosi, Bali saja yang sudah mampu mendatangkan 2 juta wisatawan dalam setahun terus aktif melakukan promosi baik di dalam maupun di luar negeri, maka Bangka Belitung yang baru mampu mendatangkan 2000 wisatawan dalam setahun  harus terus meningkatkan diri dan belajar dari Bali.”

Turut hadir Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hidayat Arsani. Dalam sambutan beliau, beliau menekankan bahwa pemerintah harus melindungi para duta wisata ini yang merupakan aset bagi Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Mereka adalah pahlawan pariwisata Bangka Belitung, sudah semestinya pemerintah menganggarkan dana khusus untuk mendukung kegiatan mereka selama menjabat, agar mereka tidak lantas menghilang”

Pada acara ini Aleo Saputra yang mewakili Kabupaten Bangka berhasil menjadi Juara 1 Bujang Bangka Belitung 2014 sedangkan untuk Dayang Bangka Belitung 2014 diraih oleh Anissa Rohmah perwakilan dari Kota Pangkalpinang. Di posisi Runner-up Bujang diraih oleh Bayu Rizky perwakilan Kabupaten Belitug sedangkan Runner-up Dayang diraih oleh Suzanna perwakilan Kabupaten Bangka Barat.