Pemkab Mamuju; Beri Bantuan Kapal Kepada Nelayan

Pemkab Mamuju; Beri Bantuan Kapal Kepada Nelayan

Mamuju, Kabarindo- Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mamuju Samsu Sudding di Mamuju, Sabtu (19/5).

Ia mengatakan, pada 2012 pemerintah di Mamuju mengalokasikan anggaran untuk pengadaan kapal 30 GT nelayan.

Ia mengatakan, bantuan itu diberikan dalam rangka memaksimalkan hasil tangkapan nelayan agar produksinya terus meningkat dengan menggunakan kapal yang ukurannya lebih besar dan mampu menampung hasil tangkapan ikan yang banyak.

Menurut dia, bantuan itu dialokasikan melalui dana alokasi khusus APBD Sulbar 2012 sebesar Rp1.2 miliar. Ia mengatakan, selain memberikan bantuan kapal 30 GT pada tahun ini pemerintah di Mamuju juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan kapal purse seine melalui APBD Mamuju sekitar Rp376 juta lengkap dengan peralatannya.       

Selain itu pemerintah di Mamuju mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,1 miliar untuk pengadaan kapal nelayan sekitar 3 unit dengan kapasitas sekitar 15 GT, beserta alat nelayan sekitar 30 unit, juga melalui APBD.

Menurut dia, bantuan kapal nelayan tersebut diberikan dalam rangka memaksimalkan sarana dan prasarana kebutuhan nelayan dalam rangka meningkatkan produksi perikanannya agar dapat terus meningkat.

Ia mengatakan, alat tangkap nelayan di Mamuju selama ini belum memadai dibandingkan dengan potensi perikanan di Mamuju yang memiliki panjang pantai sekitar 300 kilometer, sehingga sarana dan prasarana nelayan terus ditingkatkan dalam rangka meningkatkan sektor perikanan sebagai salah satu sumber pendapatan meningkatkan ekonomi daerah seperti dilansir dari laman MIcom.