Pemkot Gelar Pemilihan Putra-Putri Tomohon; Jadi Ajang Promosi Wisata

Pemkot Gelar Pemilihan Putra-Putri Tomohon; Jadi Ajang Promosi Wisata

Tomohon, Kabarindo- Pemerintah kota menggelar pemilihan putra-putri Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk menggiatkan promosi potensi wisata di daerah berpenghuni 101 ribu jiwa ini.

Hai itu dipapar lugas oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mariam M Rau.

"Prosesnya sudah dimulai dengan pendaftaran dan promosi kegiatan di SMA/SMK dan perguruan tinggi pada bulan Februari hingga Maret. Kemarin sudah dilaksanakan pendaftaran, tes tertulis serta pertemuan teknis yang diikuti masing-masing satuan kerja perangkat daerah atau SKPD," kata Rau di Tomohon, Rabu.

Berkaitan dengan agenda pemilihan putra-putri Tomohon ini, kata dia, Wali Kota Jimmy F Eman telah menegaskan setiap SKPD, sekolah, dan seluruh kelurahan diminta mengutus maksimal sepasang peserta.

Penegasan ini, lanjut dia, dituangkan dalam dalam surat nomor 33/WKT/III-2015 yang ditandatangani langsung Wali Kota dan telah sampaikan ke semua SKPD.

"Agenda pemilihan putra-putri Tomohon merupakan kegiatan strategis dalam menunjang kepariwisataan, sekaligus juga mengangkat potensi dan kemampuan pemuda dalam mengembangkan bakat dan talentanya," katanya.

Dia mengatakan, Kota Tomohon memiliki sejumlah potensi wisata yang dapat menarik wisatawan di antaranya Gunung Mahawu, Gua Susuripen, air terjun Kelurahan Pinaras dan Kinilow, Danau Linow serta pemandian air panas di Kelurahan Tumatangtang.

Potensi-potens wisata ini, menurut dia, tidak bisa berkembang pesat dan menarik kunjungan wisata apabila tidak dipromosikan secara kontinyu oleh pemerintah kota.

"Karena itu sangat diharapkan ajang pemilihan putra-putri Tomohon ini dapat menjadi jembatan mempromosikan potensi wisata yang ada di Kota Tomohon. Semakin gencar melakukan promosi, wisatawan semakin mengenal potensi wisata yang dimiliki," katanya.

Dia menambahkan, pemilihan putra-putri Tomohon telah menjadi agenda tahunan pemerintah kota. Pada Senin (20/4) peserta akan mendapat pembekalan dan materi, dilanda pemeriksaan kesehatan, materi kepemudaan, HIV/AIDS, etika dan kepribadian, "public speaking" serta materi kamtibmas.

Selanjutnya, Rabu (22/4) dilaksanakan tahapan psikotes, "city tour and talent show", Kamis (23/4) tahapan wawancara, dan makan malam bersama Wali Kota Tomohon, sementara Jumat (24/4) dilaksanakan acara puncak pemilihan putra-putri Tomohon di Auditorium Bukit Inspirasi, jelasnya seperti dilansir dari laman antaranews.