Penutupan Asian Games 2018; Dipastikan Di Palembang

Penutupan Asian Games 2018; Dipastikan Di Palembang

Jakarta, Kabarindo- Ketua Kelompok Kerja Penyempurnaan Masterplan Asian Games 2018, Gatot S. Dewa Broto.

Ia memastikan lokasi penutupan ajang multi event kawasan Asia itu di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA).

"Pembukaan clear di Jakarta. Untuk penutupan di Palembang. Jadi nanti tinggal ketok palu saja. Kenapa Palembang jadi tempat penutupan? Alasannya karena Asian Games 2018 bukan hanya pekerjaan kota Jakarta. Namanya, saja sudah Jakarta-Palembang," katanya usai pertemuan dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di kantor Kempora Jakarta, Rabu (25/11).

Menurut Kepala Komunikasi Publik Kempora itu, pihaknya terus komunikasi dengan OCA untuk masalah ini, apalagi pada akhir bulan November juga akan pertemuan dengan lembaga tersebut. Dengan menetapkan lokasi penutupan di Palembang, akan ada perubahan-perubahan termasuk jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

"Hingga saat ini pembagiannya masih 29 Jakarta dan 11 Palembang. Untuk peluang perubahan memang ada," kata pria yang juga Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora itu.

Gatot menjelaskan, dalam pertemuan dengan KOI selain dibahas soal pembukaan dan penutupan juga proses dari rencana induk Asian Games 2018 yang merupakan turunan dari Keppres Asian Games. Untuk rencana induk dipastikan sudah tuntas seperti dilansir dari laman beritasatu.