Perahu Kertas; Jadi Film Indonesia Satu-Satunya

Perahu Kertas; Jadi Film Indonesia Satu-Satunya

Jakarta, Kabarindo- Film ‘Perahu Kertas’, satu-satunya film Indonesia yang menembus daftar ‘10 Film Paling Populer di Indonesia Sepanjang 2013’ di kalangan pengunjung dunia maya.

Hal itu terpapar dari hasil deteksi dari mesin pencari data Google sepanjang tahun 2013.

Film produksi Starvision yang dibintangi Maudy Ayunda dan Adipati Dolken ini menempati urutan ketujuh terpopuler. Selebihnya didominasi film-film Hollywood. Sedangkan puncak jawara ditempati film Iron Man 3, kemudian disusul The Conjuring, Twilight, Despicable Me 2, Man of Steel, hingga Pacific Rim.

Meski dirilis pada 16 Agustus 2012, film garapan Hanung Bramantyo ini masih jadi pusat perhatian sepanjang 2013.

Kisahnya tentang pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). Kugy adalah seorang gadis tomboy, periang, dan yang percaya bahwa dirinya adalah agen Dewa Neptunus.

Kugy selalu memiliki "ritual" unik, yaitu menulis setiap curahan hatinya ke selembar kertas, yang lalu dibuatnya menjadi perahu untuk kemudian dihanyutkan ke air. Meskipun sekilas dia gadis periang yang slenge'an, namun dia memiliki pandangan hidup yang cenderung filosofis.

Keenan, pelukis muda berbakat, dipaksa untuk kuliah di Fakultas Ekonomi oleh ayahnya. Bersama dengan sahabat Kugy sejak kecil, Noni (Sylvia Fully R), serta pacar Noni, yakni Eko (Fauzan Smith), yang juga adalah sepupu Keenan, mereka berempat menjadi geng yang kompak. Dari yang semula saling mengagumi, Kugy dan Keenan diam-diam saling jatuh cinta.

Tapi berbagai hal menghalangi mereka. Tak hanya itu, persahabatan Kugy dan Noni pecah ketika Kugy, demi menjaga hatinya, tak datang pada pesta ulang tahun Noni yang diadakan di rumah Wanda seperti dilansir dari laman moviegoers.

Keenan akhirnya pergi ke rumah Pak Wayan (Tio Pakusadewo), seorang pelukis teman lama Lena, sekaligus mentor Keenan melukis. Dalam suasana hati yang gundah, kreativitas melukis Keenan buntu. Luhde (Elyzia Mulachela), keponakan Pak Wayan, berhasil mengembalikan semangat Keenan.

Seorang kolektor langganan galeri Wayan bernama Remi (Reza Rahadian) menjadi pembeli pertama. Ingin cepat meninggalkan Bandung dan lingkungan lamanya, Kugy berjuang untuk lulus cepat. Begitu lulus sidang, kakak Kugy yang bernama Karel (Ben Kasyafani) membantu agar Kugy magang di biro iklan bernama AdVocaDo milik temannya, yaitu Remi. Prestasi kerja Kugy cemerlang, dan menarik perhatian Remi

Berikut selengkapnya daftar 10 Film Paling Tenar di Indonesia Sepanjang 2013 Versi Google;

1. Iron Man 3
2. The Conjuring
3. Twilight
4. Despicable Me 2
5. Man of Steel
6. Pacific Rim
7. Perahu Kertas
8. Titanic
9. Gravity
10. The Heirs