Petani Karo Minta Bibit; Harapkan Bantuan Pemerintah

Petani Karo Minta Bibit; Harapkan Bantuan Pemerintah

Karo, Sumut, Kabarindo- Masyarakat di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan, pemerintah memberikan bantuan bibit tanaman dan pupuk untuk lahan pertanian.

"Lahan pertanian mengalami rusak parah dan gagal panen akibat erupsi Gunung Sinabung di bulan Desember 2015 kemarin," ujar seorang warga Karo, Elisa Tarigan (42), Sabtu (9/1).

Dia mengatakan, pekonomian masyarakat selama erupsi gunung merapi tersebut, sangat terpuruk. Soalnya, mata pencarian untuk menutupi kebutuhan hidup dari pertanian.

"Jika memang memungkinkan, kita juga diberikan pinjaman lunak dari pemerintah. Soalnya, modal untuk kembali bercocok tanam, sama sekali sudah habis," katanya.

Hal senada juga disampaikan petani korban bencana erupsi Gunung Sinabung, Selamat Ginting (50). Menurutnya, erupsi Gunung Sinabung sudah membuat perekonomian warga terpuruk.

"Persoalan yang dihadapi masyarakat hanya terdapat di lahan pertanian. Lahan yang ditanami sayur - mayur maupun berbagai jenis buah - buahan, banyak mengalami kerusakan," sebutnya seperti dilansir dari laman beritasatu.