Polda Jabar; Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya

Polda Jabar; Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya

Bandung, Kabarindo- Polda Jabar menggelar Apel Siaga Operasi Ketupat Lodaya 2014 di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Senin (21/7) dalam rangka pengamanan Lebaran 2014 di wilayah Jabar.

Kegiatan apel siaga itu diikuti oleh Polri, TNI, Satpol PP, PMI, Dinas Perhubungan Jabar serta sejumlah potensi masyarakat.

"Mulai Senin ini seluruh personil langsung dilakukan pergeseran posisi ke pos pengamanan masing-masing," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul.

Pengamanan selain di jalur mudik, juga dilakukan di pusat kota seperti di pusat perbelanjaan, fasilitas umum serta pengamanan obyek vital.

Polda Jabar akan mengerahkan dua unit helikopter untuk membantu mengurai kepadatan di jalur Pantura maupun selatan Jabar.

"Ada dua helikopter disiapkan dan akan dioperasikan bila dibutuhkan untuk pengaturan arus lalu lintas dari udara," kata Kabid Humas.

Menurut dia, helikopter itu masing-masing satu dari Polda Jabar dan satu bantuan dari Mabes Polri. Ia menyebutkan pengoperasian kedua helikopter itu sudah merupakan protap pengamanan arus mudik setiap tahunnya.

Helikopter itu disiagakan di Halaman Mapolda Jabar dan di Cikopo Purwakarta. Heli itu juga bisa difungsikan untuk melakukan evakuasi.

Selain itu, Polda Jabar juga mendapat pasokan 300 unit kendaraan sepeda motor matic untuk Polantas dalam rangka pengamanan arus mudik.

Kabid Humas menyebutkan, Operasi Ketupat Kodaya 2014 akan berlangsung mulai Senin (21/7). Polda akan mengerahkan 20.944 personil yang terdiri dari Polantas, Intelkam, Reskrim, Sabhara dan Pengamanan Obyek Vital seperti dilansir dari laman antaranews.