Polwan Siap Jadi Tenaga Petugas Haji; Mulai Tahun Ini

Polwan Siap Jadi Tenaga Petugas Haji; Mulai Tahun Ini

Jakarta, Kabarindo- Demikian salah satu butir catatan dari kesimpulan  Rapat Kerja Teknis Penyelenggaraan Ibadah Haji Pusat dan Daerah Tahun 1433H/2012M yang berakhir Rabu (16/5) malam seperti dilansir dari laman MIcom.

Peserta Rakernis menilai, dukungan penyelenggaraan ibadah haji untuk musim haji mendatang sedikit mengalami perbedaan, yaitu diwarnai kehadiran para Polwan, karena mereka lebih mudah memiliki naluri keibuan dalam membantu jemaah haji perempuan dari tanah air.

Berapa jumlahnya tenaga Polwan yang akan direkrut, sampai saat ini tak bisa disebutkan. Tetapi yang jelas para Polwan itu diharapkan dapat mendukung tugas-tugas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di kota Madinah.

Sekretaris Ditjen PHU Cepi Supriatna mengatakan, optimalisasi peran dan kinerja Petugas Haji Daerah harus benar-benar berjalan. Untuk mendukung itu diperlukan adanya identitas khusus bagi petugas pada saat operasional di kawasan Armina (Arafah-Muzdalifah-Mina).

Pada musim haji ini, pihaknya juga  tetap melibatkan unsur pondok pesantren, perguruan tinggi keagamaan Islam, dan ormas Islam. Memantapkan orientasi dan praktik lapangan petugas kloter dan petugas nonkloter serta temus( tenaga musiman) di Arab Saudi dan dibekali buku pedoman dan prosedur kerja sesuai standar manajemen mutu.

Di sisi lain, dalam Rakernis itu juga ditekankan pentingnya kelengkapan dokumen perjalanan haji dan identitas lainnya. Untuk itu diupayakan penerbitan paspor jemaah haji pada mulai pertengahan Mei 2012.

"Dokumen Administrasi Perjalanan Ibadah Haji (DAPIH) sebagai sarana pengendali data jemaah tetap diperlukan," jelasnya.